Bupati Bangkalan Berharap Program Jalin Matra Terus Tekan Angka Kemiskinan

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menginisiasi program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) sebagai upaya penanggulangan masalah kemiskinan di Jawa Timur.

Dalam kegiatannya program Jalin Matra dibagi menjadi tiga yakni, bantuan rumah tangga sangat miskin (BRTSM), penanggulangan feminisasi kemiskinan (PFK), dan penanggulangan kerentanan kemiskinan (PK2).

Kabupaten Bangkalan memperoleh bantuan program Jalin Matra mulai dari tahun 2015 sampai tahun 2019. Pada tahun ini sebanyak 842 rumah tangga sasaran tercatat sebagai penerima bantuan Jalin Matra PFK dan BRTSM.

“BRTSM itu ada di tiga desa, Desa Tanjung Jati, Tajungan, dan Kamal. Untuk PFK itu ada di tiga kecamatan yaitu Tanah Merah, Burneh dan Tanjungbumi,” papar Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron saat sambutan diacara Sosialisasi Program Jalin Matra. Rabu (26/6/2019) di Balai Diklat Bangkalan.

Ra Latif (sapaan akrab Bupati) berharap Program Jalin Matra dapat menekan angka kemiskinan di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Bangkalan. Karena kata dia, Program Jalin Matra sejalan dengan arah pembangunan Pemerintah Kabupaten Bangkalan

“Program ini sejalan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan,” katanya.

Dikatakan Ra Latif, program Jalin Matra telah berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan di Kabupatan Bangkalan, karena angka kemiskinan di Bangkalan dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

“Pada tahun 2018 angka kemiskinan Bangkalan turun menjadi 19,59 persen, semoga tahun ini dapat menekan angka kemiskinan di Bangkalan,” ucapnya.

Bupati berharap para peserta sosialisasi Jalin Matra mengikuti pemaparan materi dengan sungguh-sungguh. “Jalankan program ini dengan cermat, dan sesuai dengan anturan,” ujarnya.

Sementara itu menurut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabuoaten Bangkalan Saksono Farmanto mengatakan, kegiatan sosialisasi Jalin Matra tahun 2019 di Kabupaten Bangkalan ditujukan untuk media penyebaran informasi terkait program tersebut.

Selain itu diharapakan mampu memberikan penjelasan tentang mekanisme teknis pelaksanaan program Jalin Matra. “program jalin matra merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi program Jalin Matra diikuti 112 orang peserta, terdiri dari DPMD Kabupaten Bangkalan, Camat, Kepala Desa, pendamping kabupaten, dan pendamping desa program Jalin Matra. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *