Bupati Buka Tilawatil Quran (MTQ) Ke -18 Tahun 2022 Menuju Sumbawa Barat Baik Berlandaskan Gotong Royong.

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com| Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W. Musyafirin.,MM membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVIII tingkat Kabupaten Sumbawa Barat yang dilaksanakan di Kecamatan Taliwang Senin/18/Juli/2022. Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 23 Juli 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST, Pimpinan Pondok Pesanteren Al-Ikhlas, DR.KH.L.Zulkifli Muhadli.,SH.,MM, jajaran Forkopimda, para CAmat, Liurah, Kepala Desa se-Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam kesempatan memberikan laporan, Ketua Panitia yang dipegang langsung oleh Camat Taliwang Aku Nurrahmadin, S.Pd, menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan kegiatan MTQ ke 18 tersebut telah menerapkan konsep gotong royong, sesuai dengan tema “Dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke – 18 Tahun 2022 Menuju Sumbawa Barat Baik Berlandaskan Gotong Royong Yang Baldatun Thayyibatun Warobbun Ghofur”. Semua Kepala Desa dan Lurah Se-Kecamatan Taliwang telah membantu suksesnya acara pembukaan tersebut.

Aku Nurrahmadin melaporkan bahwa dalam pelaksanaan MTQ tahun ini diikuti oleh sebanyak 333 peserta yang berasal dari 8 kecamatan. Para Kafilah tersebut ditempatkan dirumah – rumah warga selama kegiatan berlangsung.

Setelah penyampaian laporan, Bupati melantik dewan hakam yang akan bertugas untuk memberi penilaian terhadap peserta MTQ. Pelantikan ditandai dengan dilakukannya pemukulan rebana.

Bupati Sumbawa Barat, DR.Ir.H.Musyafirin.,MM menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan MTQ ke-18 harus bisa pegangan untuk terus menerus menumbuhkan nilai- nilai Al Quran di dalam diri kita dan di tengah – tengah masyarat yaitu dengan membacanya, menghayatinya dan sebisa mungkin makna yang terkandung di dalamnya dapat kita wujudkan dalam setiap tindakan dan perbuatan kita sehari – hari.

Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat KSB untuk terus membumikan Al quran sampai ke pelosok-pelosok desa, agar masyarakat semakin cinta dengan Al-quran. Senantiasa terus memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah, karena yang di musabaqah kan adalah kalam dan firman allah swt.

“Jangan sampai muncul dalam pikiran kita bahwa pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syi’ar keagamaan saja, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan di daerah kita yang sama – sama kita cintai ini” Ungkap Bupati .

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menekankan bahwa, pada pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi tahun 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur telah menggugah kesadaran untuk terus berintrospeksi diri, menyadari akan kekurangan dan kelemahan yang dimiliki untuk selanjutnya memperbaiki diri. Hasil yang telah didapatkan adalah bentuk pengingat, sekaligus tidak boleh larut dalam keluh kesah yang berkepanjangan.

“Kedepannya kita harus serius untuk menangani potensi lembaga pengembangan tilawatil qur’an (LPTQ) Kabupaten Sumbawa Barat yang menjadi satu – satunya dapur untuk mengolah para tilawah kita agar menjadi tilawah terbaik di masa – masa yang akan datang. saya yakin pengurus LPTQ Kabupaten Sumbawa Barat hari ini, memiliki visi besar untuk memajukan potensi tilawah kita agar dapat bersaing pada event yang sama di tahun mendatang. Demikian juga kepada para peserta MTQ ke – 18 tahun 2022. Saya berpesan kepada kalian semua, agar secara sungguh – sungguh dalam membangun potensi yang kalian miliki. para guru pembina hanya bertugas untuk mengarahkan kalian semua untuk menjadi yang terbaik. Keputusan selanjutnya ada pada diri kalian, apakah kalian ingin maju atau cukup puas dengan kemampuan yang kalian miliki hari ini”,tegas Bupati (rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait