Bupati Busyro Karim; “Konsep Pemberdayaan Masyarakat, Rumah Warga Dapat Dimanfaatkan Sebagai Penginapan Wisatawan”

  • Whatsapp
DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. Bupati Sumenep

Sumenep, beritaLima – Pemerintah Kabupaten Sumenep terus menggenjot berbagai upaya dalam menberikan solusi menyambut tahun Wisata Sumenep 2018 mendatang.
Salah satunya adalah meminta warga di 3 obyek wisata yang tersebar di 3 Kecamatan, yakni Dungkek, Talango dan Giligenting, memanfaatkan rumahnya sebagai tempat menginap bagi wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si . kepada awak media pada Rabu (19/04). Bupati mengharapkan kepada warga yang berdomisili di 3 obyek wisata, yakni Pulau Giliyang Kecamatan Dungkek, Pulau Gililabak Kecamatan Talango, dan Pantai Sembilan Kecamatan Giligenting, bisa memanfaatkan rumahnya untuk penginapan wisatawan yang berkunjung ke daerahnya.
Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke obyek wisata di daerahnya, sekaligus sebagai upaya membuka usaha dalam upaya membuka peluang usaha, sehingga bisa menambah penghasilan.

Bupati menyatakan, pihaknya memang berupaya mengembangkan sejumlah obyek wisata di Sumenep dalam rangka untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat, karena pariwiwata merupakan salah satu sektor yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memberikan runag sebesar-besarnya kepada masyarakat untuk membuka usaha.

Pihaknya berkomitmen, dalam mengembangkan obyek pariwisata tetap memegang teguh pada konsep kearifan lokal, supaya masayarakat tetap mempertahankan nilai-nilai budayanya.
“Yang jelas, pemilik rumah harus menata rumahnya sedemikian rupa layaknya penginapan, meski sederhana, supaya wisatawan yang menginap merasa nyaman dan kerasan. Dengan usaha membuka penginapan itu, tentu saja ada tambahan penghasilan yang bisa membantu peningkatan ekonominya”, kata mantan Ketua DPRD Sumenep ini.

Yang jelas untuk pembangunan dan pengembangan pariwisata berkonsep pemberdayaan masyarakat, dan mempertahankan kearifan lokal, sehingga masyarakat sejahtera dan nilai-nilai budaya bertahan di tengah masyarakat sebagai warisan lelulur kita,”imbuh Bupati.

(An/ MC)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *