Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Raih Penghargaan Senapati Nusantara Award

  • Whatsapp
Penghargaan Senapati Nusantara Award diberikan kepada Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, MSi. Sebagai Kota Keris Dan Wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi sebagai Tokoh Keris

SUMENEP, beritaLima – bertempat dipendopo Agung Keraton Sumenep, pada Jum’at siang (11/ 08/ 2017) digelar Senapati Nusantara Award 2017.

Senapati Nusantara Award Sumenep mendapat penghargaan sebagai Kota Keris, tokoh keris dan Maestro keris oleh Ir. Hasto Kristiyanto, MM. Sekjend Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji (Nusantara Senapati Nusantara).

Penghargaan tersebut diberikan kepada bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, MSi. Dan Wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Ir. Hasto Kristiyanto, MM. menyampaikan, keris merupakan daya cipta yang adiluhung dan keris tidak bisa dihasilkan tanpa roso (rasa).

“Sumenep sebagai penghasil keris dan memiliki ratusan empu yang luar biasa. Bahkan keris dari Sumenep di ekspor ke Malasyia, Brunei dan Belanda,” ujar Hasto.

Ditambahkannya, Sumenep menyimpan tradisi sejarah yang luar biasa. Bahkan dia mendapat laporan ada sekitar 6.000 keris diproduksi setiap bulan sebagai mahakarya kebudayaan yang luar biasa.

“Ini seharusnya menjadi perhatian dan menjadi energi kita untuk menguatkan tradisi budaya kita. Supaya kita berpribadian dalam kebudayaan,” ujar Hasto.

Mengingat kepedulian itulah, Senapati Nusantara memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep yang memberikan kepedulian terhadap produk budaya Indonesia.

Atas penghargaan yang diterima, Bupati Sumenep mengatakan hal itu akan mendorong pihaknya untuk terus ikut membina pengrajin dan melestarikan keris sebagai karya budaya bangsa.

“Penghargaan ini membangkitkan Sumenep agar pengrajin keris lebih menghargai apa yang telah dimiliki. Sebab keris ini salah satu potensi yang luar biasa di Sumenep,” ujar Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, MSi.

Seusai menyerahkan award, Hasto yang juga merupakan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan melihat secara langsung proses pembakaran logam yang menjadi materi dasar keris.

Tak hanya menonton, Hasto didapuk untuk menempa logam yang sedang membara itu.

Selanjutnya, Hasto juga melakukan tur mengelilingi stand pameran keris serta berdialog dengan para pengrajin keris.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi, Wakil Bupati Achmad Fauzi, anggota DPR RI daerah pemilihan Madura Said Abdullah, para kolektor dan pelestari keris dari berbagai daerah belahan nusantara.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *