Bupati Danny Dinilai Peduli Kesehatan, Menkes Bantu Halbar Rp 26 Miliar

  • Whatsapp

JAILOLO, beritaLima.com-Kehadiran Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof. Dr. Nila Moeloek di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Senin (1/4/2019), rupanya membawa hasil yang memuaskan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar.

Pasalnya, orang nomor satu di Kemenkes RI itu, hadir di Halbar bukan saja mengikuti kegiatan Jambore malaria dan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), tapi kehadiran Menkes juga membawa anggaran kesehatan untuk halbar sebesar Rp. 26 miliar, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 untuk menunjang fasilitas kesehatan di Halbar.

Menkes yang didampingi Bupati Danny Missy saat melakukan konfrensi pers menyatakan, Bupati Danny Missy selalu mendatangi Kemenkes untuk menyampaikan berbagai problem kesehatan di Halbar, bahkan Bupati Danny selalu mengeluh tentang fasilitas yang ada di RSUD Halbar, olehnya itu, Kemenkes, sesuai pengajuan proposal dari Bupati Danny, kemenkes melanjutkan perminttan Bupati ke Kementrian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengalokasikan angaran DAK untuk kesehatan di Halbar Rp. 26 miliar.”Masyarakat halbar harus bersyukur, karena pak bupati selalu intes dan memikirkan tentang kondisi kesehatan yang ada di Halbar dan ingin mewujudkan fasilitas RSUD di Halbar yang memadai,”ungkap Nila.
Menkes bahkan menyampaikan, jika Bupati menginginkan dokter spesialis, maka Menkes siap membantu, olehnya itu, silahkan identifikasi berapa tenaga dokter yang dibutuhkan dan disampaikan ke Kemenkes, sehingga Kemenkes menyiapkan dokter spesialis untuk ditugaskan ke Halbar.”Kapan saja kita siap bantu, jika pak Bupati intens melakukan komunikasi dengan kami, olehnya itu, dukungan masyarakat sangat penting membantu program bupati dibidang kesehatan, sehingga kekurangan tenaga kesehatan di Halbar, bisa disampaikan ke Kemenkes,”ujarnya.

Terpisah Bupati Danny Missy menyatakan, untuk masalah kesehatan dirinya sangat konsen, yang dia inginkan saat ini menjadikan RSUD jailolo yang layak, sehingga tidak ada lagi warga halbar yang sakit harus di rujuk ke Ternate.”Segala upaya saya akan lakukan untuk memenuhi kebutuhan RSUD, sehingga kedepan masyarakat Halbar yang sakit tidak lagi di rujuk ke Ternate,”katanya.

Untuk saat ini kata Danny, atas bantuan Menkes, RSUD sudah punya ruang operasi sendiri dan memiliki fasilitas yang canggih, bahkan ruang inap kelas III yang sudah diresmikan oleh Menkes, fasilitasnya sudah lengkap, bahkan menggunakan Lift untuk menuju ke lantai dua, sehingga fasilitas yang ada di RSUD perlahan akan dipenuhi.”Saya minta doa dan dukungan masyarakat, untuk memperbaiki fasilitas kesehatan yang ada di halbar kedepan yang lebih baik lagi,”pungkasnya.

Untuk di ketahui, kehadiran Menkes di halbar dalam rangka menhadiri acara Jambore Malari dan Rakerkesda se maluku Utara yang di pusatkan di Halbar, sejak Minggu hingga Senin, kemarin. Menkes dan rombongan dijadwalkan akan kembali ke Jakarta hari ini Selasa (2/4/2019), melalui Bandara Babullah Ternate, dengan menumpangi Pesawat Garuda pagi. (Ay-ad)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *