Bupati Madiun Bertemu Suku Indian di North Dakota

  • Whatsapp

AMERIKA, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, H. Ahmad Dawami, saat melakukan kegiatan International Visitor Leadership Program (IVLP) di Amerika Serikat (AS), berkesempatan mengenal Suku tertua di Amerika. Yaitu suku Indian, di North Dakota, sebuah negara bagian yang terletak di utara Amerika Serikat.

Bupati Madiun yang akrab dan biasa dipanggil Kaji Mbing ini, mengatakan, orang Amerika tetap menjaga budaya, Amerika banyak suku, baik wilayah di bagian selatan maupun di bagaian utara.

“Amerika Utara penduduk asli tinggal dalam satu reservasi, berbagai suku ini punya adat, punya kebiasaan, punya budaya yang sampai hari ini masih dijaga,” terang Kaji Embing.

Mereka, lanjutnya, tetap mengganggap bahwa budaya itu adalah warisan nenek moyangnya. Untuk tetap menjaga ini, mereka membuat museum khusus tempat untuk menyimpan warisan dari suku-suku mereka.

“Yang terpenting, mereka pun mengajarkan adat istiadat dan tari-tarian di sekolah dasar, menengah dan atas. Sehingga budaya mereka tetap terjaga dan menjadi kebanggaan mereka serta menjadi identitasnya,” tambahnya.

Budaya, lanjutnya, kalau sudah menjadi identitas akan bermanfaat untuk kebersamaan dibidang lain. Salah satunya menjaga lingkungan hidup, menjaga perdamaian dan menjaga keamanan.

“Dengan Kampung Pesilat yang di dalamnya berbagai perguruan silat (seni budaya kita), saya berharap dapat menjaga warisan nenek moyang. Ini agar kita saling menghargai, gotong royong menjaga lingkungan. Sehingga perdamaian, keamanan, keselamatan bagi negara Indonesia khususnya di Kabupaten Madiun, terwujud,” pungkasnya. (Dibyo).

H. Ahmad Dawami (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait