Bupati Soekirman Buka Kejurnas Arung Jeram R4 Tahun 2017

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, beritalima. com- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 Open Sergai Tahun 2017 bertempat di Camping Ground Wisata Ancol Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis, Sumatera Utara . Selasa (5/9).

Selain Bupati Sergai hadir juga Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Ceceu CD, SH, MH, Wakil Ketua KONI Provsu Prof. Dr. Agung Sunarno, M.Pd, mewakili Gubsu Kabid Pembudayaan Olahraga Disparbudpora Provsu Rudi Rinaldi, Asisten Pemum Drs. Ramses Tambunan, M.Si, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Ketua FAJI Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, anggota DPRD Komisi B, H. Usman Efendi Sitorus, S.Ag, Kepala OPD, Kepala Bank Sumut Sei Rampah Sujendi, Camat Sipispis Kaharuddin, Ketua KONI Sergai Siswanto, Perwakilan Direksi PTPN III Distrik Serdang I, Kades Buluh Duri Dewi Yanti Purba, para peserta dan ratusan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya sekaligus membuka Kejurnas, Bupati Soekirman mengemukakan arung jeram atau istilah kerennya adalah Rafting sebuah aktivitas yang memadukan unsur petualangan adventure, edukasi dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber’jeram’ dengan menggunakan media boat.

Dijelaskan Bupati Soekirman yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumut ini bahwa arung jeram juga mempunyai karakteristik tersendiri yaitu harus memiliki kerjasama, empati dan rasa kemanusiaan yang tinggi, cinta lingkungan serta yang terpenting adalah jiwa yang sehat.

Oleh karenanya Bupati merasa bangga karena di kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat terdapat bibit –bibit atlet yang unggulan yang dapat mengharumkan nama daerah. “ Meskipun kita anak kampung, namun dalam kejuaraan arung jeram tingkat nasional prestasi atlet kita tidak kampungan,” ujarnya.

Bupati juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang berdedikasi tinggi terhadap dunia olahraga khususnya arung jeram, disamping itu juga beberapa prestasi kita di Sea Games karena Provinsi Sumut telah menyumbang sebanyak 15 medali. Prestasi akan dapat diraih jika sering mengikuti perlombaan-perlombaan sehingga dapat menghasilkan sekaligus meningkatkan prestasi bagi atlet kita, ujarnya.

Kemudian Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang telah menjadikan Sumut sebagai tuan rumah untuk gelaran arung jeram tingkat Internasional di Asahan. Semoga suatu hari kelak kita bisa mengibarkan bendera merah putih di ajang kejuaraan dunia. Dalam kesempatan ini, saya mohon doa dan dukungan untuk keikutsertaan FAJI R6 Sumut dalam kejuaraan dunia di Osaka, Jepang 9-18 Oktober 2017 mendatang, pungkas Soekirman.

SebelumnyaSebelumnya Panitia pelaksana kegiatan yang juga Kadis Poraparbud Sergai Drs. Santun Banjarnahor melaporkan jumlah peserta ada 14 tim yang berasal dari Bogor, Langsa, Deli Serdang, Medan, Alas Ketambe (Kaltara), Tebing Tinggi, Tobasa dan Sergai sebagai tuan rumah. Kejuaran berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 5 s/d 7 September 2017 dengan 3 kategori yaitu Sprint, Head To Head serta Slalom.

SementaraSementara Ketua FAJI Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa ini adalah sebuah sejarah baru dilaksanakannya Kejurnas arung jeram di Sergai. Hal ini juga merupakan bentuk promosi atas potensi wisata olah raga dalam bentuk sungai terindah untuk olah raga arung jeram. Joni Walker mengajak masyarakat untuk langsung dan merasakan sensasinya berarung jeram di Sei Bah Bolon ini. Ucapan terimakasih juga karena telah menunjuk Pengcab FAJI Sergai sebagai penyelenggara Kejurnas ini, tukasnya.

Selanjutnya Rudi Rinaldi yang mewakili Gubsu H. Tengku Erry Nuradi, M.Si memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan terimakasih secara khusus kepada Ketua FAJI Sumut Ir. H. Soekirman. Saat ini yang menjadi problem adalah Pengprov FAJI telah terbentuk, akan tetapi kegiatan tidak pernah atau belum berjalan. Oleh karenanya Pemprovsu berencana mengadakan kejuaraan arung jeram Internasional tepatnya di Asahan tahun ini dan berharap dukungan dari semua pihak termasuk FAJI Sumut dan Pengcab FAJI Kabupaten/Kota, paparnya.

Sedangkan Wakil Ketua KONI Provsu Prof. Dr. Agung Sunarno mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. ada beberapa hal yang menjadi catatan pada KONI Provsu yaitu pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 mendatang, arung jeram telah dipertimbangkan untuk dipertandingkan.

Keikutsertaan pertandingan ini dilakukan dengan tujuan memacu semangat para atlet arung jeram agar olah raga ini dapat dipertandingkan pada PON 2020 di Papua nanti. Selain itu diharapkan agar kejuaraan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan semua yang datang dari seluruh penjuru Indonesia akan merasakan olah raga air yang menantang, tandasnya.

Repoter Beritalima:sug/siti

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *