Bupati Soekirman Diundang pada Ajang The 3rd ALGOA Summit Korea Selatan

  • Whatsapp
SERDANGBEDAGAI,beritalima.com-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama dengan 16 Negara lainnya secara resmi menghadiri undangan The 3rd Asia Local Government For Organic Agriculture (ALGOA) Summit (Kongres Tingkat Tinggi ke-III) yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Goesan Country Mr. Mayor Na, Young Chan bertempat di Main Conference Hall, Chungbuk Organic Agriculture Research Institute ( Balai Penelitian Konferensi Utama, Balai Penelitian Pertanian Organik Chungbuk) Korea Selatan. Kamis(31/8)sore .
Pertemuan ini merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan dalam rangka diskusi sesama anggota ALGOA sekaligus sharing tentang perkembangan pertanian organik disetiap negara yang meliputi perkembangan sistem produksi, peluang pasar dan penemuan-penemuan baru seputar pertanian organik.
 Hal ini disampaikan oleh Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai Ikhsan, AP yang disampaikan kepada wartawan melalui telepon selularnya, Jumat (1/9).
Lebih lanjut diutarakan oleh  Ikhsan bahwa The 3rd ALGOA ini merupakan Kongres Tingkat Tinggi ke-III bersama 16 Negara diantaranya Iran, Kirgiztan, India, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tengah dan Asia Tenggara. Selain itu juga dihadiri undangan dari Federasi Internasional Gerakan Pertanian Organik/Internasional Federation of Organik Agriculture Movements (IFOAM) Asia dan IFOAM International.
  Dijelaskan Kadis Ikhsan bahwa kehadiran Bupati Soekirman pada perhelatan tersebut adalah untuk memenuhi undangan dari Presiden ALGOA. Hal ini dikarenakan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dinilai memiliki potensi pengembangan pertanian organik di Indonesia sekaligus menawarkan untuk menjadi anggota dari ALGOA.
 Ikhsan, AP menambahkan, ALGOA 3rd Summit di Goesan (Country di Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan) nantinya akan dimeriahkan dengan  Red pepper festival (festival cabe). Kemeriahan Festival ini akan dikunjungi oleh masyarakat Korea selatan dan para peserta Summit. Festival cabe ini merupakan event Tourism yang sudah ada secara rutin sejak 17 tahun yang lalu, katanya.
Dalamemuan tersebut, Ketua Delegasi Aliansi Organis Indonesian (AOI) Indro Surono  memaparkan tentang program Nawacita khususnya di bidang pangan yg dikemas dengan program 1000 Desa pertanian organik yang di implementasikan dari UU 41 tahun 2009 tentang lahan pangan berkelanjutan sesuai dengan Permentan Nomer 64 tahun 2013 tentang pangan organik. Kongres ini akan dilanjutkan penyelenggaraannya pada Nopember 2017 mendatang bertempat di Negara India, pungkas Kadis Kominfo.
Reporter Beritalima :sug/Siti
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *