Bupati Soekirman Resmikan Tugu Keserasian Sosial

  • Whatsapp

*Hindari Konflik Sosial Melalui Peran Aktif Masyarakat Dalam Pembangunan*

Serdang Bedagai(Sumut)

  BeritaLima.Com-Ketika memasuki era modern, banyak sekali permasalahan yang terjadi dimasyarakat. Di antaranya konflik sosial penyalahgunaan narkoba, tawuran dan tindak kekerasan lainnya. Hal ini tentunya menjadi tugas kita bersama dalam menanganinya.

Secara sosiologi karena kemajemukan masyarakat Indonesia (suku, agama, budaya dan bahasa dengan jumlah penduduk yang besar dan menyebar dari Pulau Sabang sampai Merauke).  Disamping itu pembangunan yang tidak merata mengakibatkan timbulnya kesenjangan dalam aspek ekonomi, politik, pendidikan dan kemiskinan. Kondisi inilah yang seringkali menyebabkan terjadinya konflik kekerasan.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman pada kegiatan peresmian Tugu Keserasian Sosial Forum Keserasian Sosial Bersinar di Dusun IV Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah, Kamis (13/10).

            Turut hadir Wabup Sergai Darma Wijaya, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial (PSKBS Kemensos) RI Rosehan Anshari S.Sos, mewakili Kadis Sosial Provsu, Kadis Sosnakerkop Sergai Aguslan Simanjuntak, Kabag Humas Drs. Benny Saragih MM, Kepala Desa (Kades) Cempedak Lobang, Panitia Forum Keserasian Sosial Bersinar, tokoh agama, tokoh masyarakat, TKSK, Karang Taruna, PSM, PKH, pendamping kesejahteraan sosial, Kader PKK dan Posyandu, masyarakat sekitar dan insan pers.

            Lebih lanjut Bupati H. Soekirman mengatakan bahwa penanganan konflik saat itu harus lebih bersifat reaktif dan parsial serta pendekatan pada kesejahteraan masyarakat. Salah satunya Forum Keserasian Sosial Bersinar yang telah berperan dimasyarakat dalam upaya deteksi dini terhadap potensi kerawanan guna mencegah terjadinya konflik sosial.

Bupati Sergai memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktorat PSKBS Kemensos RI yang telah memberikan bantuan berupa dana stimulan bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat karena termasuk dari 175 desa se-Indonesia dan hanya 2 Kabupaten di Sumut bersama Langkat.

Selain itu juga H. Soekirman sangat bangga kepada Forum Keserasian Sosial Bersinar ini sebagai tenaga penggerak, penggiat sosial dan pelopor perdamaian dengan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Marilah kita rawat dan pelihara jalan ini sebagai sarana transportasi desa dengan baik sehingga kerjasama kita semua tidak sia-sia”, pungkas Ir. H. Soekirman.

Pada kesempatan yang sama Direktorat PSKBS Kemensos RI Rosehan Anshari yang akrab disapa Reyhan dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan berupa bantuan stimulan yang diberikan kepada Forum Keserasian Sosial ini diharapkan dapat menjadi bentuk kegotongroyongan dan kebersamaan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Disamping itu juga sebagai jembatan silaturrahmi antara Pemerintah Pusat, Pemerintahan Daerah dan masyarakat.

Sementara itu Kades Cempedak Lobang Edi Muslih SH atas nama masyarakat megucapkan terima kasih kepada Kemensos RI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai yang telah memberikan bantuan sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat Dusun IV ini untuk pengerasan jalan.

Sebelumnya Panitia Forum Keserasian Sosial Bersinar Nukman Lubis melaporkan bahwa pengerasan jalan sepanjang 584 meter ini merupakan swadaya masyarakat yang dikerjakan secara bergotong royong dengan bantuan stimulan dari Direktorat Perlindungan Sosial Kementerian Sosial RI sebesar 100 juta.(su/si)

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya bersama Direktorat PSKBS Kemensos RI Reyhan meresmikan Tugu dan Jalan Keserasian Sosial Forum Keserasian Sosial Bersinar di Dusun IV Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah, Kamis (13/10). Photo :(su/s.i)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *