Bupati Sorsel Bersama Ketua Klasis Maybrat Resmikan Gereja GKI Bethel Onim Sefa

  • Whatsapp

TEMINBUAN, Berita lima.com – Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE didampingi Wakil Bupati kabupaten Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk Bersama Ketua Klasis Maybrat Pdt Petrus Kambuaya,STh Resmikan gedung Gereja Jemaat GKI Bethel Onim Sefa Distrik Kais Darat kabupaten Sorong Selatan,Selasa ( 29/08/2017) kemarin.

Rombongan Bupati dan rombongan Ketua Klasis Maybrat disambut meriah oleh warga Kampung Onim Sefa dengan tari tarian serta disambut dengan penyematan kain rumput,penyematan noken,penyematan manik- manik,penyematan ikat kepala ,serta penyematan topi anyaman.

Membuka acara rombongan dipersembahkan sebuah fragmen yang mengisahkan bagaimana warga setempat belum merasakan pembangunan dari pemerintah,
Dalam fragmen dikisahkan seorang ibu yang sedang melakukan perjalanan diwilayah setempat,namun untuk menghindari lumpur diwilayah ini warga harus meletakan pelepah sagu dan nipah diatas jalan agar terhindar dari rawa dan lumpur.

Dengan fragmen ini warga hendak menyampaikan perhatian pemerintah untuk segera menyikapi keluh kesah warga diwilayah Kampung Onim Sefa distrik Kais darat yang sampai saat ini belum tersentuh akses jalan raya.
Usai menyaksikan Fragmen kegiatan dilanjutkan dengan ibadah singkat didalam gereja darurat yang dipimpin oleh Sekretaris Klasis Maybrat Pdt.Sabar Situmorang,STh dalam rangka pemindahan alat alat sakramen, kelengkapan dan pelayanan gereja.

Kegiatan berlanjut dengan prosesi perarakan pemindahan alat alat sakramen,kelengkapan dan pelayanan gereja dari gereja lama menuju gedung gereja baru yang dilaksanakan oleh majelis dan sejumlah pendeta diiikuti tamu undangan serta jemaat setempat.

Hendak memasuki Gedung Gereja tepatnya di gerbang pintu masuk halaman gereja Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE didampingi Wakil Bupati kabupaten Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk Bersama Ketua Klasis Maybrat Pdt Petrus Kambuaya,STh meresmikan penggunaan gedung Gereja Jemaat GKI Bethel Onim Sefa ditandai dengan pemotongan tali pembuka selubung papan nama gereja.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kunci gereja,Pentahbisan gedung gereja oleh ketua Klasis Maybrat dan sejumlah pendeta dilanjutkan dengan Ibadah Syukur Di Gedung gereja baru dipimpin oleh Pdt A.Y .Sohuat,S Th selaku Ketua bakal klasis Aitinyo yang membawahi wilayah ini.

Acara peresmian yang mengusung thema datanglah kerajaan mu dan sub Thema Melalui Pentahbisan Gedung Gereja Baru Kita Diajak untuk Menyatakan Tanda Kerajaan Allah Didalam Melayani Tuhan”
Usai pelaksanaan ibadah dilanjutkan dengan pembacaan Aspirasi Warga Kampung Onim Sefa yang dibacakan oleh Vince Way Tokoh Perempuan setempat yang pada intinya meminta perhatian pembangunan jalan raya,pembangunan SD Onim Sefa disertai dengan Tenaga Guru ,Pembangunan Puskesmas Pembantu Dan Tenaga Medisnya.

Dalam sambutanya Bupati Samsudin Anggiluli SE mengakui bahwa masalah pendidikan dan kesehatan diwilayah Imekko sudah sangat memprihatinkan Dirinya mengisahkan “ Saya telah melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana situasi pendidikan yang dialami warga di Imekko seperti yang terjadi di Distrik Kokoda yang mana dalam satu sekolah ( SD) hanya terdapat seorang guru.

Dengan keadaan seperti ini ditahun ini dirinya akan menempatkan sejumlah guru disejumlah distrik di wilayah Imekko untuk melengkapi kekurangan yang ada” ungkapnyaHal senada juga akan dilakukan dengan penempatan sejumlah tenaga medis diwilayah Imekko namun pihaknya akan berupaya untuk membangun sarana prasarana berupa kopel guru dan tenaga medis sesuai dengan jumlah guru dan tenaga medis yang ada,” Tandasnya.

Dibidang sarana prasarana jalan raya pihaknya akan menganggarkan pada APBD tahun 2018 menurutnya Imekko dapat maju jika telah dibangun jalan raya,dengan terbangunnya Jalan raya maka dengan sendirinya warga Imekko dapat keluar dari keterisoliran.Dengan demikian perekonomian warga setempat dengan sendirinnya akan meningka,t” sambung Bupati.

Dibidang mental spiritual bupati menjelaskan pemerintah dan gereja adalan mitra pihaknya akan mendukung semua program yang rencanakan gereja pihaknya juga telah menganggarkan sejumlah kegiatan baik bantuan pembangunan rumah ibadat,bantuan insetif bagi hamba Tuhan dan kedepan akan membiayai pendidikan bagi Putra Putri sorsel yang ingin menjadi pendeta.

Sementara itu Ketua Klasis Maybrat Pdt Petrus Kambuaya,STh menngucapkan terimah kasih kepada warga jemaat atas partisipasi pembangunan dan pelayanan gereja dirinya mengucap syukur kepada Tuhan karena dengan berkatnyalah hari ini Gedung Gereja dapat diresmikan
Turut hadir dalam rombongan ini.

Kapolres Sorong Selatan yang diwakili oleh Kapolsek Kais IPTU.P Sembiring, Kepala Bappeda Kabupaten Sorong Selatan Dance Nauw,SP,MSi, Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Sorong Selatan Hengki Gogoba,S.Sos, Kepala Dinas kesehatan Agustinus Konjol,SKM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aminulah Muin,ST,Kabag Umum Setda Sorsel Agustinus Makamur serta sejumlah pejabat lainya. (EngelBerto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *