Bupati Sorsel Harapkan 5 Speedboat Pusling digunakan untuk Pelayanan.

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Bupati Sorong Selatan (Sorsel), Samsudin Anggiluli, SE, serahkan 5 unit Speedboat Puskesmas Keliling (Pusling) sebagai sarana penunjang operasional pelayanan kesehatan kepada 5 Puskesmas yang ada di wilayah pesisir pantai Imekko (Inanwatan, Metemani, Kais, Kokoda, Kokoda Utara), Rabu (5/4/2017) kemarin di Pelabuhan Ampera Teminabuan.

Turut hadir dalam acara ini wakil bupati Sorsel Drs Marthinus salamuk,Ketua DPRD Sorsel Jevries N kewetare,SP, Kasatpolairud AKP.Paulus Tabaga, sejumlah pimpinan SKPD di Lingkungan pemkab. Sorsel, Kepala Suku Imekko, Dominggus Aifufu, Wakil Kepala Suku Imekko, Appe Ugaje, tokoh pemuda, tokoh agama serta undangan lainnya.
Penyerahan ini secara simbolis dilakukan Bupati Sorsel, Samsudin Anggiluli, SE dengan menyerahkan pelampung dan kunci Speedbot Pusling kepada Kepala Puskesmas Kokoda, Elisabeth Wugaje, A.Md.Kep.

5 unit Speedboat Pusling ini masing-masing memiliki 2 unit mesin 85 PK jenis Yamaha, diserahkan juga 1 unit Speedboat yang memiliki 2 unit mesin 200 PK jenis Yamaha untuk operasional Dinas Kesehatan Sorsel ke wilayah pesisir pantai Imekko,
Dalam acara ini juga diserahkan 1 unit truk box Instalasi Farmasi yang dipergunakan untuk operasional keliling ke semua puskesmas di wilayah darat Kabupaten Sorsel, serta penyerahan 2 unit mobil dinas jenis Hilux untuk menunjang kelancaran tugas harian Plt.

Kepala Dinas Kesehatan Sorsel, Agus Konjol, S.KM dan Kabid. Yankes Dinkes Sorsel, Marthina Atanay, S.KM.M.Kes.
Untuk penyerahan 2 unit mobil jenis Hilux dan 1 unit truk box Instalasi Farmasi diserahkan oleh Wakil Bupati Sorsel, Drs. Marthinus Salamuk yang ditandai dengan pengguntingan pita. Sementara Ketua DPRD Sorsel, Jevries N. Kewetare, SP yang juga hadir pada kesempatan ini, juga diberikan kesempatan untuk menggunting pita bagi penyerahan semua Speedbot tersebut.

Bupati Samsudin Anggiluli dalam sambutannya menjelaskan, sejumlah sarana penunjang layanan kesehatan yang diserahkan ini merupakan upaya dan komitmen Pemda Sorsel dalam rangka memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. Terlebih bagi masyarakat Imekko yang memang masih jauh dari akses layanan umum, sangat penting mendapatkan fasilitas tersebut sehingga taraf hidup kesehatan masyarakat pun semakin meningkat.

Sehubungan dengan peningkatan layanan kesehatan ini pula, Bupati Samsudin juga mengharapkan agar kepala puskesmas yang menerima hendaknya menjaga serta merawat speedboat yang diberikan serta tidak disalah gunakan ,bupati juga meminta agar spedboad ini hendaknya dipergunakan untuk melayani masyarakat baik untuk mengantar pasien yang sakit maupun untuk mobilisasi obat obatan dan sarana prasarana puskesmas lainya.

Plt. Kadis Kesehatan Sorsel, Agus Konjol, S.KM kepada wartawan menjelaskan, semua Speedbot dan kendaraan yang diserahkan tersebut diadakan dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2016 lalu. Yakni sebanyak 6 unit Speedbot ini diadakan dengan biaya sebesar Rp. 4 miliar, sedangkan untuk ketiga mobil tersebut memakan dana sebesar Rp. 1.1 miliar lebih.

Pengadaan semua sarana penunjang ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. (EB)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *