Bupati Tulungagung Sambut Kedatangan Ketua TP PKK Jawa Timur, Apresiasi Diberikan Untuk Kendalbulur

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Bupati Tulungagung beserta Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung, menyambut kedatangan Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin dan ketua tim penilai lapang lomba Desa beserta anggota juri 10 program pokok PKK.

Penyambutan Ketua TP PKK Jawa Timur di Pendopo balai Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Kamis, (22/6/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Maryoto Birowo mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Tulungagung kami ucapkan selamat datang kepada ketua pembina tim penggerak PKK Jawa Timur dan tim penilai lapang lomba 10 program pokok PKK Jawa Timur.

Semoga kehadiran tim dari Jawa Timur pada saat ini, membawa berkah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung umumnya dan Desa Kendalbulur pada khususnya.

Menanggapi apa yang sudah disampaikan Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa, Bupati melanjutkan, jika tanda-tanda keberhasilan dan kemenangan sudah di depan mata.

“Biasanya, jika kehadiran pejabat disambut dengan kondisi alam. 2 hari terakhir cuaca panas luar biasa, namun, pagi hari ini, tertiup angin sepoi-sepoi, itu biasanya akan berhasil,” ujar Bupati.

Menurutnya, keberhasilan ada 2hal, yang pertama keberhasilan pejabat yang hadir, dan ke 2 keberhasilan tempat/Desa yang dikunjungi pejabat pada hari ini.

Dari evaluasi lomba perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten di Tahun 2022, Desa Kendalbulur memperoleh nilai tertinggi. Selanjutnya, diajukan untuk perwakilan Tulungagung mengikuti lomba Desa dan 10 program pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dilihat 2 Tahun terakhir profil Desa Kendalbulur dengan tipe Desa swakarya, pertanian merupakan Desa yang cepat berkembang serta mempunyai keunggulan di beberapa aset yang menjadi program prioritas unggulan Pemerintah Desa.

Program pelayanan Desa Kendalbulur “SIAP” (Santun, Ikhlas, Amanah, Profesional) adalah sistem pelayanan yang mengedepankan kepuasan masyarakat dalam Pemdes yang tidak dipungut biaya,” ungkap Bupati.

Selain itu, di era digitalisasi, program Desa digital adalah program berbasis teknologi melalui sosial media Desa. Aplikasi sistem pelayanan Desa, Chanel YouTube, sebagai sarana membantu percepatan informasi terhadap perkembangan dan kegiatan Pemdes.

Adapun program Sadewa ( Santunan Desa untuk Warga) adalah pelayanan Desa untuk memberi subsidi kepada masyarakat di bidang Pertanian, Kesehatan, Pendidikan dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Lebih lanjut, untuk pemberdayaan, ada kampung kambing, kampung patin, kampung tembakau dan kampung seni budaya, adalah program pemberian subsidi kepada kelompok masyarakat, guna memberdayakan serta menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Program ini, mengacu pada program Nasional yang telah dicanangkan Presiden. Dimana, era sekarang ini ada 5 program utama yang dikembangkan. Dimana ada kemudahan pada program kesehatan, pendidikan selalu kita utamakan di Desa ini, dan Desa ini masuk kategori swakarya,” ujar Bupati.

Wujud kemandirian Desa dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan masyarakat Desa secara terkoordinasi dan terpadu.

“Dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, antara lain, 16 besar Desa Berlian tahun 2020 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) pusat. Juara harapan 1 BUMDes ITS word kategori digital Marketing tahun 2020. BUMDesa terbaik kategori peningkatan ekonomi di masa pandemi Covid-19 di Tulungagung. 2021 memperoleh juara 1 kategori lomba perkembangan Desa/ Kelurahan 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan/ Kabupaten,” terang Bupati Maryoto.

Berkaitan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga. Bupati mengatakan, Desa Kendalbulur membuat inovasi sesuai dengan tugas dan fungsi Kelompok Kerja (Pokja) masing-masing.

Pokja 1, santunan dhuafa,
Pos curhat, Kadarkum dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Pokja 2. Pemasaran produk Desa secara online, UP2K dan pasar kuliner tradisional di Nangkula Park.

Pokja 3. Pengelolaan susu kambing etawa dan pengelolaan ikan patin. Karena itu merupakan hasil produksi masyarakat.

Pokja 4. Posko pangan aman, Posyandu Lansia, Diskon Pagi (Diskusi Komunikasi only Penanganan Gizi), Home Care, Kamidangsabali (Kader Mitra Bidang Sahabat Balita dan Ibu).

“Prinsipnya, kami akan berupaya dengan adanya lomba ini, mendidik warga masyarakat kami khususnya Kendalbulur untuk merubah perilaku dan mindset sesuai apa yang sudah kita programkan,” tambah Bupati Maryoto.

Tentu saja, sinergitas antara Pemdes dengan masyarakat terus didorong agar senantiasa kreatif dan inovatif.karena di Desa terletak potensi sumberdaya dan pembangunan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, saya mengucapkan terima kasih kepada Perangkat Daerah dan yg TP PKK Tulungagung selaku pembina dan pendampingan di Desa, Pemdes serta seluruh elemen masyarakat Desa Kendalbulur,yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk penilaian lomba. Semoga kerja keras yang kita nantikan memperoleh hasil yang terbaik,” tutupnya.

Sementara itu, ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi.

“Pada kesempatan ini, saya selaku ketua TP PKK Jawa Timur beserta penilai lapang 10 program pokok PKK Provinsi Jawa Timur, mengucapkan terima kasih telah diterima di Desa Kendalbulur atas persiapannya yang luar biasa,” papar Arumi.

Menambahkan, secara pribadi ketua TP PKK jatim mengucapkan selamat atas inovasi-inovasi yang selama ini sudah dilaksanakan.

“Ingat, memulai mendapatkan itu lebih mudah daripada mempertahankan. Jika sudah ada prestasi, biasanya standartnya lebih tinggi dari masyarakat. Jadi harus tetap kerjasama, semangat, pantang lelah.”

“Saya apresiasi kepada TP PKK kabupaten Tulungagung, yang telah berhasil dan sukses masuk nominasi penilaian lapang, setelah sukses dalam penilaian administrasi dan juga penilaian paparan TP PKK Desa se-Jawa Timur,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait