BWS NT 1, Bendungan Meninting Tidak Jebol Dan Aman Mestipun Banjir

  • Whatsapp

Lombok Barat,Betita Lima.Com.
Kepala Balai Wilayah Sungai atau BWS Nusa Tenggara 1 Dr, Ir. Hendra Ahyadi,ST, Mengatakan kondisi konstruksi Bendungan Meninting di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara 1 ( NTB ) masih aman. Meskipun telah terjadi luapan air di atas temporary DAM Bendungan Meninting.

Menurut Kepala Balai BWS Nusa Tenggara Barat, Bendungan Meninting sendiri belum dimulai penimbunannya jadi tidak ada bendungan yang jebol.
Karena ini supaya jelas, biar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat,” tutur Kepala BWS Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam Jumpa Pers pada Senin, 21/6/2022.

Hendra, mengatakan nahwa BWS selalu menggawasi kondisi pengerjaan proyek Bendungan Meninting Ia tak menampik, jika ada kejadian luapan air atau banjir di lokasi proyek bendungan meninting pada Jumaat,17/6/2022 sempat menimbulkan kewatiran masyarakat setempat.

Banjir yang terjadi melewati Sungai Meninting pada lokasi proyek ini, akibat curah hujan tinggi di daerah hulu (gunung), sehingga sungainya mengalirkan air yang deras,” Tuturnya Kepala Balai.

Kepala Balai BWS Nusa Tenggara Barat, menerangkan bahwa adanya curah hujan yang tinggi di wilayah hulu, mengakibatkan banyaknya material yang terbawa air. Sehingga saat banjir berdampak pada penyumbatan aliran yang diakibat oleh pohon-pohon dan ranting yang dibawa lokasi pintu stoplog, namun berdampak hanya pada perlambatan aliran lewat bangunan pengalihan.

Akibatnya terjadi luapan pada dam sementara dan masuk alur sungai pada lokasi main cofferdam yang baru mulai tertimbun batuan selektif pada elevasi dasar sungai.tuturnya Hendra.

“Peralatan alat berat yang sedang beroperasi sebagian bisa dipindahkan ada beberapa alat berat yang tidak sempat dievakuasi karena instruksi dari petugas keselamatan kerja agar segera segera meninggalkan lokasi,” imbuhnya.

Kepala Balai Nusa Tenggara Barat DR,Ir. Hendra Ahyadi, menegaskan, pasca kejadian banjir di lokasi proyek Bendungan Meninting, pihaknya telah melakukan pembersihan dan pengangkatan alat berat yang terendam. Karena itu akan dilakukan pemompaan air di daerah pondasi bendungan, sehingga pengerjaan proyek Bendungan Meninting dapat berjalan kembali.Tuturnya.( Sbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait