Camat Pesanggaran : PT Merdeka Copper Gold Tbk, Patut Dicontoh Pelaku Investasi Lain di Banyuwangi

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – kesigapan dan kepedulian PT BSI terhadap warga terdampak banjir mendapat pujain dari masyarakat dan camat pesanggaran, Or R Agus Mulyono, Menurutnya Apa yang dilakukan PT Merdeka Copper Gold Tersebut patut dicontoh oleh pelaku investasi lain di kabupaten Banyuwangi.

“Sangat tanggap dan turut berpartisipasi serta peduli kepada warga terdampak banjir yang melanda wilayah Kecamatan Pesanggaran,” katanya, Kamis (20/10/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, PT BSI adalah perusahaan tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Agus bercerita, ketika banjir menerjang sejumlah desa di Kecamatan Pesanggaran, pihak perusahaan langsung berkoordinasi dengan Forpimka, pemerintah desa dan masyarakat. Pemetaan dan pendataan dilakukan. Kemudian segera ditindaklanjuti dengan menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan.

“Contohnya, saat pembersihan sampah sisa banjir perusahaan menerjunkan alat berat dan dumptruk. Akhirnya pembersihan sampah yang menyumbat aliran sungai jadi lebih cepat,” ujarnya.

Selain itu, PT BSI juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir di lima desa wilayah Kecamatan Pesanggaran.

Selama ini, lanjut Agus, PT BSI sudah banyak menyalurkan Corpoate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di wilayah ring satu. Untuk itu dia berharap kebersamaan antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat harus terus ditingkatkan. Hubungan baik, terbuka serta saling melengkapi, perlu terus dijaga demi kebaikan bersama.

“Harapanya, kepedulian PT BSI kepada masyarakat Banyuwangi, khususnya masyarakat diwilayah ring satu ini harus tetap dijaga dan terus ditingkatkan,” cetusnya.

Kepala Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Gunoto, juga mengungkapkan hal senada. Dia mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT BSI terhadap masyarakat sekitar.

“Harusnya pelaku investasi ya seperti ini,” cetusnya.

Disampaikan, saat hujan deras mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, sejumlah warga terisolir. Mereka tidak bisa melakukan aktivitas perekonomian sama sekali. Dalam situasi tersebut, PT BSI hadir dan menyalurkan bantuan paket sembako

Seperti halnya Camat Pesanggaran, Gunoto pun ikut melontarkan pujian pada anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut. Bukan hanya atas kepedulian terhadap masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor diwilayah Desa Sarongan. Tapi juga kepada seluruh masyarakat korban musibah banjir di wilayah Kecamatan Pesanggaran.

“Menurut saya sangat peduli. Bahkan lima desa ring satu dibantu semua,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Pesanggaran, PT BSI juga terus menelurkan program melalui CSR. Ada 4 sektor yang menjadi prioritas, meliputi sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Seluruh program, ditentukan melalui musyawarah dengan masyarakat. Tujuannya, agar setiap program bisa lebih optimal atau sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait