Cara Agar Kulit Telur Rebus Mudah Dikupas dan Tidak Lengket

oleh -594 views

beritalima.com | Jakarta Terkadang saat ada acara besar di rumah dan harus masak banyak telur rebus, salah satu tantangan yang sering dihadapi orang adalah mengupas telur rebus satu per satu dengan penuh kesabaran. Terkadang beberapa telur sulit dikupas dan bahkan menempel pada telur sehingga menyebabkan telur tidak bulat utuh.

Agar bisa mengupas telur bulat utuh yang mudah dan tidak lengket. Ini dia tipsnya.

1. Baking soda


Baking soda akan membuat kulit telur menipis sehingga lebih mudah dikupas setelah matang. Pertama, rebus air di dalam panci. Masukkan telur ke dalam air panci yang sudah mulai menghangat. Setelah itu, masukkan 1 sdm baking soda ke dalam air rebusan. Penambahan baking soda tergantung seberapa banyak telur yang direbus. Pastikan telur terendam semua dan jika merebus lebih banyak telur, masukkan dua sendok makan baking soda atau lebih.

2. Cuka dan garam

Jika tak punya baking soda, bisa juga menggunakan cuka dan garam. Penambahan cuka dan garam memiliki fungsi sama dengan baking soda, yaitu membuat cangkang telur menipis atau tidak menempel pada telur sehingga mudah dikupas. Caranya, masukkan cuka dan garam dengan perbandingan 2:1 ke dalam telur yang mulai direbus.

Setelah telur direbus selama 10 menit, angkat dan segera ganti dengan air dingin. Rendam di dalam air dingin sebelum dikupas. Agar lebih cepat dingin dan dikupas, gunakan air es. Itu dia tips agar telur mudah dikupas.