Cegah Banjir, Wako Palembang Instruksikan Normalisasi dan Bangun Waduk

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Pemerintah Kota Palembang yang dipimpin langsung Walikota Palembang H. Harnojoyo, melakukan kegiatan gotong royong bersama masyarakat di Kecamatan Alang-alang Lebar Kelurahan Sri Jaya Rt 41. Pilihan orang nomor satu di Kota Pempek untuk menggelar kegiatan gotong royong di wilayah ini mengingat tingginya intensitas volume air di wilayah ini yang terjadi beberapa waktu lalu, bahkan air sudah hampir tumpah kejalan.

Bersama Ratusan Masyarakat, Unsur Kepolisian Sektor Sukarame, Anggota TNI, serta pegawai Pemerintah Kota Palembang Walikota Palembang H. Harnojoyo memimpin langsung untuk melihat apa yang menyebabkan kejadian ini. Setelah melakukan kegiatan Gotong Royong selama kurang lebih 2 jam akhirnya Walikota Palembang kembali dengan memberikan harapan kepada warga 41 untuk menormalisasi sungai tersebut,bahkan berdasarkan kesepakatan antara Pemkot dan Warga di wilayah ini akan dibangunkan Waduk. Karena menurutnya itulah solusi terbaik agar genangan air yang ada tidak lagi sampai pada volume yang sangat tinggi.

“Besok kita akan melakukan normalisasi sungai di wilayah ini dengan mengeruk pendangkalan sungai dengan menggunakan alat berat mulai dari daerah irigasi sampai ke Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar, mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan normalisasi ini akan dapat mencegah banjir khususnya di wilayah rt 41 kelurahan srijaya kecamatan alang-alang lebar” ujar Harnojoyo di hadapan ratusan masyarakat yang telah selesai melakukan pelayanan gratis dari Pemkot Palembang.

Harnojoyo juga  mengemukakan saat ini sejumlah anak Sungai Musi mengalami pendangkalan karena endapan tanah dan tumpukan sampah dari masyarakat sehingga menjadi salah satu penyebab banjir saat musim hujan.

Oleh karenanya saya tidak akan pernah lelah untuk merubah mainset masyarakat kota Palembang agar merawat dan mencintai lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya terbilang masih kurang. Sungai dianggap sebagai kotak sampah besar, jadi siapa pun bisa membuang sampah di sana, inilah persoalannya,” ujarnya.

Sementara itu Nando (27) Warga Kecamatan Alang-alang lebar sangat berterima kasih dengan kedatangan Walikota Palembang H. Harnojoyo beserta jajaran mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong mencarikan solusi agar genangan air di wilayah kami cepat teratasi, “Baru kali ini banyu amper sampe masuk rumah, lah masuk ujan ini takutnyo kagek laju tambah tinggi. Tapi alhamdulillah dengan apo yang sudah dilakukan Walikota Palembang hari ini dapat mengatasi permasalahan kami”.

(Nn/ DPA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *