Cegah Covid-19, ASN Setdaprov Jatim Serentak Caring di Pagi Hari

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Imbauan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar seluruh masyarakat menyempatkan diri untuk berjemur alias caring setiap hari selama 30 menit direspon puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemprov (Setdaprov) Jatim. Puluhan abdi negara tersebut berjemur mulai pukul 10.00 – 10.30 WIB di tengah terik matahari sebagai langkah mencegah virus corona (covid-19) di sekitar lapangan Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Jatim, Jl. Pahlawan 110, Surabaya, Selasa (31/3) pagi.

Puluhan ASN tersebut tidak hanya berdiam diri saja. Sebagian dari mereka pun ada yang berjemur sambil berjalan keliling di tengah lapangan kantor.

Sri Suhartini, salah satu staf Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim mengatakan, imbauan Gubernur Jatim untuk berjemur disambut antusias para ASN. Dirinya merasa senang menerapkan imbauan tersebut. Selain dapat meregangkan otot agar tidak tegang dalam bekerja, yang terpenting juga untuk menghindarkan diri dari virus corona (covid-19) yang saat ini sedang mewabah.

“Baguslah, kan buat kesehatan kita juga. Utamanya agar kita terhindar dari virus,” ujarnya.

Imbauan untuk berjemur diterik matahari pun dimanfaatkan oleh sebagian ASN memilih dengan berjalan kaki keliling lapangan. Bahkan sebagian dari mereka pun ada yang keliling gedung.

Nurhidayah, salah satu pejabat di Biro Umum Setdaprov Jatim pun menyampaikan bahwa, selain untuk mencegah virus yang dimungkinkan menempel di tubuh, cara berjemur sambil jalan kaki juga sekaligus dapat membakar lemak dalam tubuh.

“Ya sekalian dimanfaatkan untuk olahraga kecil dengan jalan kaki sambil berjemur lah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Agung Subagyo, S.STP, MSi mengatakan, upaya untuk menerapkan berjemur bagi para ASN tersebut sesuai imbauan Gubernur Jatim melalui Surat Edaran (SE) nya tertanggal 30 Maret 2020 nomor 800/3184/204.3/2020 tentang Sistem Kerja ASN dan PTT Pemprov Jatim. SE tersebut diterbitkan sebagai upaya Pemprov Jatim untuk mencegah penyebaran covid-19, khususnya bagi para ASN.

Menurut Agung Subagyo, dalam SE tersebut disebutkan beberapa poin yang perlu mendapat perhatian para ASN. Pertama, seluruh ASN dan PTT (pegawai tidak tetap) wajib melakukan program kerja dari rumah (work from home). Kedua, sejak 31 Maret 2020, para ASN dan PTT yang mendapat giliran masuk kerja bisa menggunakan pakaian kerja bebas rapi. Lalu yang ketiga, seluruh ASN dan PTT dianjurkan untuk berolahraga sambil berjemur dan tetap menjaga jarak aman 1-2 meter setiap pukul 10.00-10.30 WIB.

“Imbauan tersebut wajib bagi seluruh ASN dan PTT. Utamanya saat jam 10.00 sampai 10.30. ASN harus berjemur. Apalagi imbauan tersebut juga dilakukan Ibu Gubernur sendiri di Grahadi,” ujar Agung Subagyo.

Imbauan tersebut diberikan untuk mencegah beredarnya virus corona di tengah-tengah para aparatur di lingkungan Pemprov Jatim.

“Termasuk juga penggunaan masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer di kalangan aparatur,” sebutnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait