Cegah Pungli, Polres Bangkalan Launching Cashless Payment System

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com–
Memanfaatkan kemajuan teknologi masa kini, Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan terus melakukan inovasi pelayanan publik.

Diera Digital ini, Polres Bangkalan membuat terobosan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM dan SKCK secara daring. Pelayanan tersebut bernama Bangkalan Chasless Payment System (BCPS) yang dilaunching Rabu (09/01/2019) di Mapolres setempat.

BCPS tersebut untuk memberikan kemudahan pelayanan pembayaran perpanjangan SIM dan pembayaran SKCK kepada masyarakat dengan transaksi non tunai.

Pelayanan BPCS yang digagas Polres Bangkalan bekerjasama dan ditandai penandatangan MoU bersama Bank BRI dan Telkomsel selama lima tahun kedepan.

“Hari ini kita launching, tujuannya untuk meningkatkan pelayan publik kepada masyarakat Bangkalan,” ucap Kapolres Bangkalan AKBP Boby Pa’ludin Tambunan.

Dikatakan dia, melalui pelayan BCPS ini masyarakat tidak perlu membawa uang tunai. Disamping itu, karena telah menerapkan pembayaran non tunai maka kegiatan transaksi terdata dengan baik.

“Hal ini juga dapat menghindari terjadinya pungli yang dilakukan petugas,” tuturnya.

Dijelaskan dia, masyarakat Bangkalan jika ingin melakukan perpanjangan SIM dan membuat SKCK tidak perlu membawa uang tunai.

“Temen-temen kalau mau bayar perpanjangan SIM, membuat SKCK tidak perlu bawa uang tunai,” ungkap dia.

Disamping melaunching BCPS Polres Bangkalan juga melaucnching pelayanan SIM keliling, SKCK keliling, dan Samsat Kerapan.

“Samsat kerapan kita tempatkan di setiap pasar, seperti di Kwanyar, Arosbaya, Tanah Merah, Blega, Galis, pokoknya disetiap pasar,” ucapnya.

Boby menegaskan, meskipun pelayanan non tunai diterapkan, pihaknya tetap melayani pembayaran tunai. “Yang manual tetap kota layani,” tegasnya.

Untuk diketahui, Polres Bangkalan juga melaunching pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). (Rus/ Di)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *