Coffee Toffee Ciptakan Barista Dengan Skill Penyaji Level Dunia

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Barista adalah orang yang ‘bertugas’ membuat dan menyajikan kopi dengan pelbagai macam metode pembuatannya. Namun, lebih dari itu, barista ternyata juga dituntut untuk komunikatif dan memiliki pengetahuan lebih tentang kopi.

Peran barista tentu menjadi poin penting dalam perkembangan bisnis kopi di Indonesia. Maka, untuk memaksimalkan hal tersebut, Coffee Toffee sebagai jaringan coffee shop lokal terbesar di Indonesia menggelar Audisi Silver Barista 2019.

Audisi Silver Barista diselenggarakan di Coffee Toffe Jatim Expo International, Jalan Ahmad Yani 99 Surabaya, Kamis (12/12/2019). Ini merupakan tahapan bagi Barista yang ingin meningkatkan level ketrampilan dan keahliannya.

Acara ini diadakan secara terbuka. Semakin tahun peserta yang mendaftar semakin bertambah. Tahun ini total mencapai 40 lebih barista penggiat latte art dan Silver Barista.

Kesuluruh barista ini diberikam penilaian objektif oleh sejumlah juri yang berpengalaman dalam dunia kopi dan penjurian di kompetisi serupa dalam skala nasional.

Managing Director Coffee Toffee, Odi Anindito, mengatakan, digelarnya audisi ini bertujan untuk menciptakan barista yang menguasai skill penyajian kopi dengan level internasional.

“Tujuannya menciptakan atau menelurkan sorang barista dengan level skill tertentu, yang kopi bikinannya sudah terjamin enak dan sesuai dengan standart IBC (Indonesia Baarista Championship),” kata Odi.

Dalam gelarannya yang ke-delapan ini, Audisi Silver Barista menuntut setiap pesertanya untuk membuat kopi espresso dan cappuccino. Tak hanya itu, mereka juga wajib menciptakan menu baru hasil kreasinya sendiri, atau disebut sebagai menu Signature Coffee.

Menurutnya, kualitas seorang barista dalam audisi ini akan diukur dari bagaimana ia menyajikan kopi. Dari aroma, karakter rasa yang dikeluarkan, dan dari kelembutan foam susu (velvet foam), yang bahkan diibaratkannya bisa selembut sutra.

“Seorang barista akan dinilai dari bagaimana ia menyajikan kopinya, tapi intinya yaitu tentang bagaimana barista ini membuat penikmat kopinya menjadi antusias,” kata Odi.

Tak hanya itu, yang lebih teknis, selama proses persiapan dan penyajian kopi berlangsung, para barista itu juga akan dinilai ketepatan menggunakan alat, kerapian penyajian serta kebersihan mesin kopi dan tempat penyajian.

Odi juga mengaku senang, lantaran konsep Audisi Silver Barista yang diinisiasi pihaknya ini, kemudian mendapat dukungan oleh coffee shop lain. Ia menyebut, yang terpenting dari dunia kopi adalah sistem kalibrasi. (Ganefo)

Teks Foto: Audisi Silver Barista di Coffee Toffe Jatim Expo International, Surabaya, Kamis (12/12/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *