Dandim 0827 Sumenep Tinjau Posko PPKM di Desa Pabian

  • Whatsapp
Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf Nur Cholis.A.Md. meninjau Posko PPKM di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf Nur Cholis.A.Md. meninjau Posko PPKM di Desa Pabian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep Peninjauan dilakukan dalam rangka persiapan kunjungan Kasdam V Brawijaya.

Dandim menyatakan, posko di tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro. Posko yang dipimpin oleh kepala desa / lurah dalam kegiatannya melibatkan beberapa SDM diantaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, dan karang taruna.

Bacaan Lainnya

“Di tingkat desa, posko ini berfungsi sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif,” kata Dandim ketika berada di Posko PPKM Desa Pabian.Senin (22/2/21).

Ia menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” ujar Dandim.
(***)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait