Darmayanti Lubis: Perempuan Pemegang Kunci Penguatan Ketahan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Prof Dr Ir Darmayanti Lubis mengatakan, kaum perempuan memegang kunci penguatan dalam ketahanan keluarga sehingga melahirkan individu-individu bangsa yang unggul dan berkarakter.

Itu dikatakan Darmayanti dalam acara Silaturahmi dan Diskusi Publik bertema ‘Peran Perempuan Dalam Ketahanan Keluarga’ yang digelar Pengurus Pengajian AL-Hidayah, DesaSelontong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Rabu (5/12).

Darmayanti yang juga senator dari Provinsi Sumatera Utara di depan sedikitnya 1.000 jemaah di Masjid At–Taubah itu mengatakan, perempuan bisa menjadi mitra yang setara bagi laki-laki dalam membentuk ketahanan keluarga.
Ketahanan keluarga, kata Darmayanti, menentukan keberhasilan pembangunan nasional karena keluarga melakukan pengasuhan terhadap individu. Pola dari masyarakat ditentukan masyarakat bersangkutan.

“Ketahanan dan kualitas keluarga akan mempengaruhi kualitas individu serta kualitas bangsa ke depan. Keluarga adalah wadah menyemai kasih sayang, sumber daya materi, sumber daya waktu dalam membesarkan dan membentuk anak bangsa yang berkarakter,” ujar Darmayanti.

Saat ini, kata perempuan kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 6 Mei 1951 tersebut, perempuan selain berperan dalam keluarga juga berpeluang berkontribusi pada lingkungan. Karena kesadaran akan posisi yang setara dengan kaum laki-laki mengharuskan perempuan meningkatkan kualitas hidup dan potensi yang dia miliki.

Sebab itu, peran perempuan bermakna ganda yakni menyiapkan generasi muda sebagai penerus yang unggul, berdaya saing, nasionalis dan berkontribusi pada bangsa. Kaum perempuan tidak bisa ditinggalkan dalam mensukseskan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDG’s).

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua pengajian Al-Hidayah Kabupaten Langkat Nurjani mengatakan tujuan acara ini digelar untuk memberikan pencerahan dan tambahan wawasan kepada para jamaah akan pentingnya peranan perempuan dalam ketahanan keluarga.

Soalnya, kaum perempuanlah yang akan melahirkan generasi-generasi bangsa Islami dan berkarakter. ‘’’Dengan hadirnya Ibu Hj Darmayanti, menjadi motivasi dan inspirasi buat perempuan khususnya di Secanggang bahwa peranan kaum perempuan tidak hanya sebatas sumur, dapur dan kasur,’ demikian Nurjani. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *