Darwati Berharap Batik Aceh Tampil Lebih Modern

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima- Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh Darwati A Gani berharap agar batik Aceh bisa tampil lebih modern, sehingga mampu bersaing di pasaran, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Oleh Karena itu Darwati meminta agar instansi terkait untuk melakukan pembinaan serius terhadap kerajinan batik dan kerajinan Aceh lainnya.

Demikian disampaikan Darwati yang juga Ketua Penggerak PKK Aceh itu pada rapat perdana Dekranas Aceh, Jum’at 18 Agustus 2017.

Turut hadir pada kesempatan itu Kadisperindag Aceh, Kadiskop dan UKM Aceh, Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, Lc, MH., serta pengurus Dekranasda Aceh.

Darwati mengatakan untuk bersaing di pasaran, batik-batik dan produk kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin di Aceh harus mampu mengikuti perkembangan dan tampil lebih modern namun tetap mempertahankan identitas keacehan yang menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam.

“Desain batik-batik Aceh harus Update, oleh karena itu butuh pembinaan terhadap para perajin industri batik dan kerajinan lainnya,” ujarnya Darwati.

Pada kesempatan itu Darwati juga mengajak tim Dekranas Aceh untuk memanfaatkan media sosial dalam mensosialisasikan hasil kerajinan Aceh. Karena diakui Darwati motif-motif batik Aceh sangat menarik seperti motif pinto Aceh, motif rencong, motif bunga Jeumpa bahkan motif khas gayo.

“Saat ini hampir semua orang khususnya generasi muda punya media sosial, maka sangat efektif jika kita melakukan sosialisasi dan mengkampanyekan model-model kerajinan Aceh melalui akun-akun media sosial,” tambahnya.

Darwati juga berharap Dekranas Aceh bisa ambil bagian pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) tahun 2018 yang akan datang dengan mempersiapkan potensi-potensi yang dimiliki oleh masyarakat di seluruh penjuru Aceh untuk dipublikasi. (Aa79)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *