Delapan Perwira Bertukar Posisi

  • Whatsapp

BANYUWANGI beritalima.com  – Sejumlah posisi penting di lingkungan Polres Banyuwangi mengalami pergeseran pejabat, Rabu (3/8/2016) pagi. Para perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) akan mengisi sejumlah posisi penting sebagai kepala satuan, kapolsek serta kepala sub bagian (Kasubbag).Para perwira pertama yang menjalani mutasi itu antara lain AKP Hadi Siswoyo, AKP Sudarmaji, AKP Basori Alwi, AKP Bakin, AKP Jodana Gunadi, AKP Abdul Jabbar, AKP Sudariyono dan AKP Endro Abrianto. Dari delapan perwira berpangkat tiga balok emas ini, tujuh diantaranya berasal dari lingkungan Polres Banyuwangi. Hanya AKP Endro Abrianto saja pejabat utama yang berasal dari luar.

Rotasi jabatan pertama dialami Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) AKP Hadi Siswoyo. Perwira asal Jember ini mendapat tempat baru sebagai Kasatlantas Polres Bondowoso. Penggantinya adalah AKP Sudarmaji yang sebelumnya menduduki kursi Kasatsabhara Polres Banyuwangi.

Terkait posisi baru yang disandang AKP Hadi Siswoyo sebenarnya bukan tugas asing. Mengenakan sabuk putih sudah dilakoni sejak berdinas di Polda Metro Jaya. Sementara AKP Sudarmaji juga sudah tidak gagap dengan tugas sebagai kapolsek. Sebelum menjabat Kapolsek KPT, pria asli Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring tersebut  pernah menjadi Kapolsek Glenmore serta Srono.

Lalu siapa pengganti posisi Kasat Sabhara yang ditinggalkan AKP Sudarmaji. Berdasarkan telegram Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji tertanggal 22 Juli 2016, mantan Kasat Polair Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi masuk sebagai pengganti. Sebelum memimpin para Sabhara, perwira kelahiran Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng ini sempat menjadi Kasubbag Hukum di Bagian Sumber Daya Manusia Polres Banyuwangi yang dipimpin Kompol Mustakim.  AKP Abdul Jabbar yang kurang lebih empat bulan memegang posisi Kasubbaghumas bergeser posisi sebagai Kasubbag Hukum yang ditinggalkan sejawatnya.

Peran kehumasan kemudian digantikan kepada Kapolsek Siliragung AKP Bakin. Kendali Mapolsek Siliragung selanjutnya dipercayakan kepada Kasatlantas Polresta Pasuruan AKP Endro Abrianto. Nama Endro di kalangan kepolisian Resort Banyuwangi bukan sosok baru. Sebelum pindah tugas ke Pasuruan dia pernah menjalankan dinas di Banyuwangi. Mantan ‘sabuk putih’ itu juga perwira asli Lare Using.

Pergeseran yang terakhir adalah kepemimpinan di wilayah hukum Polsek Giri. Kapolsek Giri AKP Sudaryono ditarik masuk memimpin Kepala Sub Bagian Sarana Prasarana (Kasubbag Sarpras) Polres Banyuwangi mengisi jatah yang kosong sepeninggal almarhum Iptu H. Dwi yang wafat belum lama ini. Perwira pertama senior AKP Jodana Gunadi masuk menggantikan kursi yang ditinggalkan mantan Kasie Keuangan Polres Banyuwangi tersebut.

Kepada seluruh perwira yang menjalani serah terima jabatan, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto, meminta untuk segera menyesuaikan diri di lingkungan tugasnya yang baru. Para perwira pengganti hendaknya melanjutkan kebijakan pejabat lama yang positif. Mutasi ini dilakukan dalam rangka penyegaran tugas dan berbagi pengalaman.

“AKP Sudaryono adalah mantan Kasie Keuangan Polres Banyuwangi. Sebab itu kita tempatkan di Kasubbag Sarpras untuk menggantikan almarhum Iptu H. Dwi yang meninggal dunia akibat sakit. Begitupun dengan perwira yang lain, posisi itu kita yakini bisa diemban dengan baik. Mereka adalah perwira yang memiliki dedikasi,” terangnya. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *