Dilantik Gubernur Jatim, Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto Siap Jalankan Amanah

  • Whatsapp

SURABAYA, BeritaLima.com – Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Rudi Arifiyanto sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sampang, Surabaya, Selasa (30/1/2024) malam.

Selain Pj Bupati Sampang, acara pelantikan tersebut juga bersamaan dengan pengambilan sumpah jabatan Pj Bupati Walikota Probolinggo, hal itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) Nomor 100.2.1.3/0501/OTDA.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Forkopimda Sampang, Ketua DPRD Sampang Fadol, Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, OPD di lingkungan Pemkab Sampang.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan (DKP) Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) RI ini akan menggantikan kepemimpinan Bupati H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat yang masa jabatannya selesai pada hari yang sama.

Selain acara pelantikan, dalam kesempatan tersebut dilakukan pula penandatanganan berita acara serah terima jabatan dan penyerahan memori jabatan dari purna tugas Bupati Sampang yang diwakili Wakil Bupati Sampang kepada Pj. Bupati Sampang.

Pria kelahiran Kota Surabaya tersebut diketahui menempuh pendidikan S1 Admistrasi di Universitas Brawijaya Malang dan S2 Economic Hiroshima University, Jepang.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa PR Pj Bupati Sampang masih banyak ke depan.

Diantaranya, Khofifah berpesan agar berupaya melakukan penurunan kemiskinan, peningkatan IPM dan peningkatan investasi di Kabupaten Sampang.

“Suksesnya penurunan Stunting di Sampang sangat tinggi, capaian ini perlu terus ditingkatkan,” ujarnya.

Kemudian pihaknya juga berpesan agar melakukan maksimalisasi digital IT diantaranya meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Lakukan akselerasi dan sinergitas dengan berbagai institusi dan inovasi untuk melakukan percepatan pembangunan,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto menyatakan kesiapannya untuk menjalankan amanah tersebut.

Pihaknya mengaku akan berkontribusi positif untuk bisa menjaga kelancaran roda pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Sampang.

Sebab, dirinya mengaku telah berpengalaman saat bertugas di Bappenas RI dan BRIN sehingga akan mempersiapkan dengan memasukan program prioritas dalam penyusunan RKPD.

“Peningkatan IPM, kemudian penurunan angka stunting, angka kemiskinan menjadi fokus kita,” tuturnya.

Dengan jejaring di Pemerintah Pusat, pihaknya mengaku membuka pintu investasi untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Sampang.

Kemudian, belanja pemerintah juga ditekankan dan dioptimalkan melalui e-katalog untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Calon ibu yang hendak menikah penting diberikan edukasi untuk penurunan angka stunting sehingga pencegahannya dilakukan dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap dukungan seluruh pihak untuk terciptanya mewujudkan Kabupaten Sampang yang lebih maju. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait