Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Saluran Irigasi Di Sukowinangun

oleh -123 views

MAGETAN, beritalima.com- Guna memperlancar jaringan irigasi Sadon, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA), melakukan pembangunan rehabilitasi saluran irigasi Sadon yang ada di Desa Sukowinangun.

Menurut Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Magetan, Yuli K Iswahyudi, ST, tujuan dibangun jarinpan irigasi tersebut, untuk memperlancar layanan irigasi yang mengairi sawah seluas kurang lebih 72 hektar di Kelurahan Sukowinangun.

“Selain itu, untuk mencegah genangan air banjir saat musim penghujan yang sering meluap ke lingkungan pemukiman warga perumahan Gitadini. Khususnya di sepanjang pinggir saluran,” terang Yuli K Iswahyudi, ST, Senin 19 Agustus 2019.


Apalagi, lanjutnya,kondisi eksisting sebelumnya untuk sebelah kanan saluran belum ada pasangannya atau masih berupa tanah biasa dan banyak ditumbuhi pepohonan liar dan semak belukar serta penampang basahnya menyempit.

“Hal ini dapat menghambat laju jalannya air. Sehingga saat musim hujan, air sering meluap dan menimbulkan genangan yang mengakibatkan banjir,” tuturnya.

Pembangunan yang merupakan usulan warga ini, dimadsudkan agar resiko genangan banjir saat musim hujan ke pemukiman dapat teratasi.

Sementara itu salah satu warga setempat, Samsi, berharap, agar pembangunan tersebut dapat dilanjutkan sampai tuntas ke hilir pada penganggaran berikutnya.

“Pertama, kami atas nama warga mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas PUPR Magetan yang telah dengan cepat merespon usulan warga. Kedua, kami berharap pembangunan dapat dilanjutkan hingga ke hilir pada tahun anggaran berikutnya,” kata Samsi. (Hadi/editor:Dibyo).

Yuli K Iswahyudi, ST (atas).