Dinsos Sumenep Kenalkan PBNT Pada Pembukaan TMMD ke – 104

  • Whatsapp

SUMENEP, beritaLima – Pada pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 yang di gelar serentak secara Nasional. Dinas sosial kabupaten Sumenep turut serta berpartisipasi dengan membuka stand bazar dan pameran.

 

Pelaksanaan pembukaan TMMD Kodim 0827 Sumenep ini digelar dilapangan renteng Desa batuputih Laok Kecamatan Batuputih Sumenep Madura Jawa timur.

R. Akh. Aminullah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep menyampaikan, Dalam moment kali ini dinas sosial Kabupaten Sumenep turut berpartisipasi pada pelaksanaan TMMD ke – 104 di kabupaten Sumenep.

Pada pameran dan bazar kali ini, Dinas soaial Kabupaten Sumenep memperkenalkan hasil olahan yang dikelola oleh penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) berupa leupeut, rengginang, gula merah dan lainnya yang dapat dipasarkan secara umum baik pasar tradisional hingga pasar modern.

Dalam pameran ini dinas sosial juga mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diluncurkan sebagai upaya untuk menyalurkan bantuan pangan yang selama ini melalui program raskin, agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

“Melalui program BPNT diharapkan dapat memberikan keleluasan penerima manfaat program dalam memilih jenis, kualitas, harga dan tempat membeli pangan,” ujar Aminullah.

Menurut mantan Kepala Bappeda ini menuturkan, agar program ini tepat sasaran, maka harus ada data yang secara terus menerus divalidasi dengan menggunakan sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG) data BDT yang ada pada SIKS-NG menjadi acuan sasaran penerima program Bansos BPNT, PKH dan program lainnya.

Untuk diketahui, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA (Himpunan Bank Negara) denga tujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) secara tepat sasaran dan tepat waktu.

“Mohon do’a dan dukungan agar program PBNT berjalan aman dan lancar. Mengingat ini program baru di dinas sosial dan baru tahun ini mengaplikasikannya”, ucap R. Akh. Aminullah.

Selain Dinsos, pameran dan bazar juga di ikuti oleh OPD lainnya yaitu dinas Pertanian, dinas Koperasi, Depag, dinas Kesehatan dan lainnya termasuk BUMN.
(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *