Dipartabud Wonosobo Gelar Pelatihan Pengembangan Ekowisata dan Agrowisata

  • Whatsapp

WONOSOBO, berutalima.com – Bertempat di Rumah Kopi Anggrung di dusun Anggrunggondok desa Reco kecamatan Kertek pelatihan pengembangan ekowisata dan agrowisata bagi penggiat pariwisata di berbagai komunitas/desa di kabupaten Wonosobo diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Wonosobo pada Senin 18 – 20 Februari 2019 yang diikuti 36 peserta dari 11 desa.

Diantaranya dari desa Reco, desa Candiyasan, desa Pagerejo, desa Tlogomulyo kecamatan Kertek, desa Lipursari kecanatan, desa Sawangan, desa Kalimendong kecamatan Leksono, desa Igrimranak, desa Campursari, desa Tlogo kecamatan Kejajar, dan desa Mergolangu kecamatan Kalibawang.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Wonosobo, Edi santoso, S. S.T.P, M.Si bahwa tujuan pelatihan ini guna meningkatkan pengetahuan para peserta dalam memetakan, mengidentifikasi dan mengembangkan kekhasan daya tarik ekowisata.

“Materinya meliputi pemahaman pengembangan ekowisata, perdalam pengetahuan dan praktek pemetaan, identifikasi daya tarik wisata, perencanaan tema pariwisata hingga pembuatan media promosi pariwisata.” Ujarnya

Sedangkan sasaran yang akan dicapai dalam jangka pendek, peserta memiliki kemampuan memetakan dan mengembangkan daya tarik wisata di lingkungan desanya sesuai kemampuan masing – masing secara mandiri.

“Sementara sasaran jangka panjangnya mampu melakukan pemetaan ekowisata dan daya tarik agrowisata sguna mencapai keberimbangan aspek pariwisata lingkungan atau ekowisata.” Sambungnya.

lebih lanjut, bentuk pelatihannya berupa pemaparan teori yang ada di rundown materi, serta praktek dan kerja bersama untuk memperkuat pemahaman pembuatan ekowisata.

“Bila ada produksi material baik cetak maupun audio visual dapat dipamerkan dan dievaluasi secara langsung di sini.” Pungkas Edi Santoso. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *