Disparbud Touna Gelar Pelatihan Sertifikasi dan Uji Kompetensi Pramuwisata

  • Whatsapp

Ampana, – Dalam rangka pengembangan dan Peningkatan kualitas SDM dan Kepariwisataan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melakukan pelatihan sertifikasi kompetensi dan uji kompetensi pramuwisata (Tour Goide).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kantor Dinas Pariwisata Jumat 27/5/2022) yang dihadiri oleh Asissten II Nawatsara Panjili mewakili Bupati Touna, Ketua DPR Touna Dr.Mahmud Lahay, SE,M.Si, Kepala Dinas Pariwisata, Sekretaris BP4D Touna, Sekertaris Dinas Perikanan, Ketua HPI, serta para peserta pelatihan.

Asissten II Nawatsara Panjili dalam sambutannya mengatakan bahwa atas Nama Pemerintah Daerah (Pemda) saya menyambut baik dan berikan apresiasi yang setinggi kepada panitia pelaksana yang telah berupaya maksimal dalam menyelenggarakan pelatihan ini Serta ucapan selamat datang dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para narasumber yang berbagi ilmu sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pemandu Tour Goide dituna yang berdaya sayang serta dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan Pembangunan Daerah Kabupaten Touna khususnya di bidang pariwisataan.

“Pembangunan kepariwisataan perlu didukung oleh sumber daya manusia dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi wisatawan undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan mengamanatkan bahwa tenaga kerja bidang pariwisataan wajib memiliki standar kompetensi melalui sertifikasi karena sertifikasi sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat Nasional maupun internasional,”kata Nawatsara Panjili.

Menurut Nawat, keberadaan tour guide atau pramuwisata hadir untuk menceritakan atau memberikan informasi mengenai tujuan wisatawan, faktor utama yang harus diandalkan dalam upaya pengembangan sektor pariwisata tidak hanya semata -mata kawasan wisata yang menarik, sarana+prasarana yang lengkap atau budaya yang unik, tapi keberadaan pramuwisata sangat berperan penting dalam memberikan pelayanan pada wisatawan yang berkunjung ke daerah kita.

Kabupaten Touna memiliki potensi wisata yang beragam yaitu wisata alam, wisata bahari, budaya dan wisata religi serta kuliner. Kabupaten Touna juga memiliki beragam pesona antara lain pesona alam pegunungan dataran tinggi dan hutan-hutan tropis, gunung lembah, air terjun yang menawan, pesona wisata bahari wilayah pesisir dan pantai.

“Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Touna melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah memprogramkan kegiatan pelatihan sertifikasi kompetensi tour guide dilaksanakan sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan kwalitas para pemandu wisata dan sekaligus membuka peluang kerja bagi pribadi para peserta pelatihan,”jelasnya.(AT/HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait