Disparbudpora Hantarkan Kacong Cebbhing Sumenep Pada Prestasi Duta Wisata Jawa Timur

  • Whatsapp
Keluarga besar Disparbudpora Kabupaten Sumenep bersama Kacong Cebbhing pada Pemilihan duta wisata Raka Raki Jawa Timur Tahun 2018

SUMENEP, beritaLima – Ajang pemilihan duta wisata Jawa Timur yang dinamakan Raka Raki kembali digelar.

Raka Andi Firmansyah dan Raki Erra Fazhira terpilih mewakili Kabupaten Sumenep di ajang Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2018 sebagai Juara Harapan II

Putra-putri terbaik perwakilan masing-masing kabupaten/kota turut ambil bagian, termasuk Kabupaten Sumenep yang mengirimkan 2 wakil terbaiknya dalam ajang Raka Raki Jawa Timur 2018.

Raka Andi Firmansyah dan Raki Erra Fazhira terpilih mewakili Kabupaten Sumenep di ajang Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2018 sebagai Juara Harapan II.

Keduanya terpilih melalui seleksi yang cukup ketat dengan proses cukup panjang. Seleksi dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan olahraga Kabupaten Sumenep.

Penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan dilakukan Istri Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Nina Soekarwo sesaat setelah pengumumman pemenang yang dilaksanakan di Grand City Surabaya, Rabu (28/3) malam.

Sebab, pemilihan Raka-Raki Jatim memang sangat ketat dan memang betul-betul dipilih orang yang mampu menjadi Duta Wisata Jatim. Dan tidak hanya bermodal ganteng, cantik, pintar, mengusai beberapa bahasa, namun juga harus memiliki wawasan yang luas, utamanya terkait dengan potensi wisata yang ada di Jawa Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Sufianto, SE, MSi. mengungkapkan, upaya Kacong tor Cebbing Sumenep yang menjadi duta Raka-Raki di Jatim, sudah berusaha maksimal. Bahkan, jauh sebelumnya juga sudah dilakukan training khusus, bersama mantan Raka-Raki Jatim, serta seseorang yang memiliki kemampuan dalam membina menjadi Raka-Raki yang berkualitas.

Menurutnya, ia akan terus melakukan upaya pembinaan bagi Kacong tor Cebbing yang memang menjadi duta wisata Sumenep, agar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Yakni, dengan banyak menguasai berbagai pengetahuan wisata dan pengetahuan bahasa yang baik, sehingga kemampuan dan kualitasnya tidak bisa diragukan lagi ketika mengikuti event yang lebih tinggi.

Sementara itu, Raki Erra Fazhira yang masuk sebagai finalis 5 besar Duta Wisata Raka-Raki Jatim 2018 mengaku apa yang diraihnya merupakan bonus dari kelemahan yang dimilikinya. Sebab, pemilihan Raka-Raki Jatim memang cukup berat, namun pengalaman itu bisa menjadi motivasi untuk lebih baik dimasa mendatang. “Kami sudah berusaha sebaik mungkin, namun kami mengakui banyak kelemahan yang perlu untuk lebih dikembangkan”, terangnya.

Namun bagi Raki Erra Fazhira itu merupakan cambuk bagi dirinya.

Dia berharap nantinya bisa memberikan yang terbaik bagi Sumenep melalui momentum lain.

“Saya juga berharap kedepan, Sumenep betul-betul memiliki duta wisata yang lebih siap untuk mengikuti event tingkat Jawa Timur, dan tidak hanya itu saja, namun bagaimana lebih banyak dilibatkan untuk berbagai kegiatan pengembangan wisata yang ada di Sumenep”, pintanya.

Sementara para peserta Raka Raki tingkat Jawa Timur tahun 2018 yang mendapatkan Juara antaranya adalah sebagai berikut;
Raka juara 1 – 5
1. Kab. Probolinggo
2. Kota Batu
3. Kota surabaya
4. Kab. Mojokerto
5. Kab. Situbondo

Raki 1 -5
1. Kota Malang
2. Kota madiun
3. Kota surabaya
4. Kab. Banyuwangi
5. Kab. Sumenep

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *