Dokter, Kenapa Tanganku Suka Kesemutan

  • Whatsapp

Oleh;
DR.Dr.Robert Arjuna FEAS*
Bu Tuti mengeluh suka kesemutan asal bangun pagi,karena sakit Diabetes Mellitus puluhan tahun .begitu juga Bu Anis yang kedua kski tangan suka gelinginan karena pernah stroke selama se bulan.Dan Suatu minggu pagi si iwan merasa lengan kanan kesemutan berat minta diurut maupun diobati rupanya karena ulah malam minggu sedang asyik berpacaran, lengan kanan atas menapah kepala pacarnya yang cukup lama yang dikenal istilah medis ” saturday nite syndrome” penyakit kesemutan di malam minggu berbeda dengan mamanya bu Safia yang baru ikut berolahraga sepeda mengeluh kedua tungkai merasa kesemutan,Berbeda dengan pak Charlie yang stroke lama tergeletak diranjang mengeluh sepanjang hari kesemutan kedua tungkai maupun lengan kiri kanan. Jadi apa yang dikatakan kesemutan , apakah ini sesuatu penyakit atau sebuah pembawa dari pekerjaan. Kamu bisa lemas
mengetahui apakah sedang mengalami kesemutan atau tidak dari beberapa gejalanya, seperti tangan atau kaki terasa terasa geli tiba-tiba; bagian tubuh terasa dingin rasanya seperti ditusuki jarum kecil; hingga mati rasa.
 
Kesemutan merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Ada bersifat sementara dan ada bersifat sepanjang masa
Kita semua pasti pernah mengalaminya. penyebab kesemutan pun beragam. Meski terlihat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya,kondisi ini tidak dapat disepelekan karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit tertentu. Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut parestesia, umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi seperti tertusuk jarum. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan dan kaki. Sebagian besar kasus kesemutan bersifat sementara. Namun, jika kesemutan yang kamu alami semakin parah dan disertai gejala lain, seperti pusing, kejang otot, dan tubuh terasa lemah, segera periksakan diri ke doktermu agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.
 
PENYEBAB KESEMUTAN
Kesemutan ada yang bersifat sementara dan ada pula yang berkepanjangan (parestesia kronis), tergantung penyebab yang mendasarinya. Kesemutan sementara terjadi akibat adanya tekanan di bagian tubuh tertentu dalam waktu lama. Hal ini membuat aliran darah ke saraf menjadi terhambat sehingga terjadilah kesemutan sementara;

Duduk bersila dalam waktu lama

Penggunaan sepatu yang terlalu kecil

Tidur dengan posisi kepala menindih lengan

Frostbite (radang dingin)

Cedera saraf

Sindrom Raynaud. Sindrom ini dapat memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, terutama ujung jari tangan dan kaki.

Kesemutan berkepanjangan bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu yang sedang dialami. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dapat memicu terjadinya kesemutan berkepanjangan:

Diabetes

Gangguan ginjal

Penyakit hati

Stroke

Infeksi sistemik

Tumor otak

Kanker

Kusta

Ketidakseimbangan hormon

Multiple sclerosis

Carpal tunnel syndrome

 Kekurangan atau kelebihan vitamin tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memicu kesemutan berkepanjangan, seperti obat kemoterapi, antibiotik, dan obat imunoterapi. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan paparan zat beracun, seperti merkuri, arsenik, dan timbal, juga dapat memicu terjadinya jenis kesemutan ini.

 
Bagaimana Cara Mengetahui Penyebab Kesemutan?
Jika Anda sering merasa kesemutan dan berkepanjangan, sampaikan keluhan Anda ke dokter. Dokter akan menelusuri riwayat medis Anda serta melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mencari tahu penyebabnya.
PEMERIKSAAN LABORATORIUM

 tes darah lengkap

 tes elektromiogram (EMG),

 pemeriksaan cairan serebrospinal,

MRI, dan biopsi.

 
PENATALAKSANAAN
1.Berolahraga secara rutin
2.Membatasi konsumsi minuman beralkohol
3.Menghentikan kebiasaan merokok
4.Mengonsumsi makanan bernutrisi
5.Menjaga berat badan ideal
6.Tingkatkan komsumsi Vitamin B dan Magnesium
6.Mengonsumsi obat yang diresepkan secara rutin, bila memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi
Demikian artikel singkat mendampingi anda sedang berpuasa dan ingat jaga kesehatan ,rakyat sehat ,ekonomi pulih dan negara kuat
RobertoNews 1196《11.1.22(07.40)》

Praktisi Dokter dan Pemulis ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait