Dongkrak PAD, Pemkab Banyuwangi Segera Buka Villa Using Untuk Umum

  • Whatsapp

BANYUWANGI Beritalima.com – Pemkab Banyuwangi terus mendorong perkembangan sektor wisata. Berbagai hal ditempuh  agar pariwisata Banyuwangi  tumbuh dan berkembang. Agar bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banyuwangi, salah satu upaya yang dilakukan adalah membuka Villa Using untuk masyarakat umum.

Villa ini berlokasi tepat di sebelah pemandian Wisata Using. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau langsung villa  di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah tersebut, Rabu pagi (22/10).

“Dalam waktu dekat, villa ini akan kami buka  untuk umum. Siapa pun bisa menginap di sini,” kata Anas.

Agar tempat tersebut lebih terawat, Anas mengaku, pengelolaannya akan diserahkan pada pihak ketiga. “Pengelolaannya kami serahkan pada pihak swasta. Sekarang masih dalam tahap penjajakan,” aku Anas.

Mengapa diserahkan pada pihak ketiga? Menurut Anas, jika dikelola pemkab, kesulitannya terletak pada keterbatasan anggaran. “Anggaran kita terbatas. Untuk mengurus ini, perlu dana APBD, harus menunggu lelang, dan sebagainya. Padahal masih banyak hal lain yang harus kita tuntaskan dengan dana APBD,” ujar Anas.

Oleh sebab itu, imbuhnya, langkah untuk melibatkan pihak ketiga sengaja diambil. “Kita akan maksimalkan potensi ini agar mampu menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Banyuwangi. Yang jelas dalam waktu seminggu, tempat ini sudah bersih. Dan dalam jangka waktu 1 bulan ke depan, sudah ada keputusan terkait pihak pengelolanya,” tandas Anas.

Anas menambahkan, untuk meramaikan suasana sekaligus salah satu promosi  bagi villa, beberapa kegiatan seni budaya akan banyak ditempatkan di villa tersebut. “Pemkab Banyuwangi akan menggelar Festival Sastra pada 26-30 April mendatang di tempat ini. Di samping juga lomba-lomba puisi dan karya-karya kebudayaan lainnya,” beber Anas.

Villa Using  berdiri di lahan seluas 7600 meter persegi. Bentuk bangunannya unik dengan kamar-kamar yang terletak di luar ruangan. Terdapat 10 kamar yang berada di luar, dan 10 kamar lainnya yang terletak di lantai II di bangunan sayap barat.

Di dalam tiap-tiap kamar dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari TV, AC, kamar mandi dengan bathtub, shower dan WC modern, kasur springbed yang nyaman, serta sofa-sofa mungil untuk bersantai bersama keluarga di dalam kamar. Saat berada di kamar, para tamu juga akan dimanjakan dengan view persawahan yang indah yang bisa dilihat lewat kaca jendela kamar. Sementara itu di bagian luar villa juga terdapat taman-taman yang sejuk dan sebuah kolam renang. (*/abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *