Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Trenggalek Intensifkan Potensi Desa

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek intensifkan potensi desa. Melalui pemaksimalan penyelenggaraan pemerintahan di desa diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa terdongkrak.

Mewujudkan itu bukan hal yang mustahil, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin pun berkeyakinan jika pemerintahan desa mampu memaksimalkan kepariwisataan yang ada maka laju ekonomi di level akar rumput bisa lebih berdaya.

“Saat pemerintahan desa bisa memaksimalkan potensi wisata, tentu akan memberikan dampak positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi utamanya di tingkat akar rumput,” kata bupati muda tersebut, Senin, 3 April 2023.

Menurut dia, ketika para penyelenggara pemerintahan di desa khususnya yang punya basis kepariwisataan akan sangat memungkinkan lebih mudah dalam mengungkit perekonomian masyarakat. Apalagi, “para pihak terkait mau bergerak lebih cepat dalam menangkap aspirasi maupun setiap permasalahan maka dipastikan kemandirian ekonomi akan jadi keniscayaan,” imbuh Nur Arifin.

Selain itu, masih kata Gus Ipin, sapaan akrab Bupati Bumi Menak Sopal tersebut, bahwa masyarakat di Trenggalek menurut Badan Pusat Statistik (BPS) sebagian besar memang berkutat di sektor nonformal, seperti halnya UMKM. Oleh karena itu, dengan menggeser atau memberi ruang kegiatan-kegiatan pemerintahan di lokasi wisata diharapkan dapat membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sebab, banyak pelaku ekonomi mengais rezeki di sekitar wilayah kepariwisataan.

“Saran dari BPS, kita diharapkan perbanyak kegiatan utamanya ditempat-tempat wisata. Bukan hanya di hotel-hotel saja, saya meminta setiap acara upayakn melibatkan peran desa-desa sehingga pendapatan pun bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar,” jelas dia.

Pasalnya, lanjut Gus Ipin, baik kuliner maupun pernak-pernik lainnya pasti melibatkan langsung masyarakat lokal setempat. Dengan kata lain, ada perputaran ekonomi dalam kegiatan itu yang berorientasi pada tingkat kesejahteraan para pelaku ekonomi sektor nonformal.

“Untuk itu, mari bersama-sama menghidupkan kegiatan di desa-desa, terlebih Trenggalek kini tengah merintis 100 desa wisata anyar yang berpotensi mampu menggerakkan ekonomi lokal. Dari sini, akan ada perputaran uang di masyarakat sehingga ekonomi lokalnya juga bergerak,” pungkas Gus Ipin. (her)

beritalima.com

Pos terkait