DPPKB Halbar Gelar Seminar Program KKB

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemerintah kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara. Menggelar Seminar program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui kampung KB kepada masyarakat, di kantor desa Tuada, kecamatan Jailolo, Senin (28/8/2017).‎

Dalam kegiatan tersebut, dengan tema “Pertemuan Kelompok Kerja, Forum Musyawarah dan Lokakarya Mini Kampung KB” berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 20 – 30 Agustus 2017.

“Kegiatan berlangsung selama 3 hari, untuk hari pertama terkait Pertemuan Pokja, selanjutnya membuat Forum Musyawarah, dan hari terakhir Lokakarya Mini,”ungkap ketua Panitia Hajari Adam, SKM, dalam laporannya, pelaksanaan kegiatan seminar dimaksudkan untuk memberi pemahaman dan advokasi mengenai pentingnya program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

Dia menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh kepala desa bersama staf, BPD dan anggota serta masyarakat desa Tuada sebanyak 150 peserta.

Sementara Kadis DPPKB Halbar Rosfintje Kalengit, SKM, M.Kes, dalam sambutannya, mengatakan, dalam mewujudkan program Pemerintah Pusat melalui program kerja Nawa Cita pada poin ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dan Desa dalam rangka Negara kesatuan.

Dengan berdasar, lanjut Rosfintje, pada Nawa Cita ketiga maka untuk mensingkronkan Kampung KB yang sudah dilaksanakan di desa Tuada pada tahun 2016 dan 9 desa dalam wilayah kabupaten Halmahera Barat, yang tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga.

Untuk itu, Rosfintje menambahkan, serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, serta meningkatkan program pemerintah dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan Camat Jailolo Imran Lolori, dalam sambutannya, mengatakan, dengan kegiatan seperti ini sangat diapresiasi karena adanya membangun kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah setempat agar program dari pemerintah pusat dapat terlaksana dengan baik.

“Saya berharap dengan kegiatan program KB ini dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat. Sukses dan tidaknya program tersebut maka perlu kerja sama yang baik agar dapat mewujudkan tujuan dari program tersebut,”cetusnya.

Untuk sekedar diketahui, yang menjadi narasumber diantara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Halbar Soni Balatjai, dengan materi yang disajikan, terkait Masalah Kesehatan dan Solusi pendidikan di desa Tuada, kecamatan Jailolo, sedangkan dari kepala Dinas Kesehatan Halbar Atti Tutupoho terkait Masalah kesehatan di desa Tuada, untuk kepala DPM-PD Halbar Asnath Sowo tentang Penggunaan Dana Desa kaitannya dengan Alokasi Dana Desa, dan Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan pergerakan DPPKB Halbar Apolos Pure, S.Pd, ME dengan materi tentang Sosialisasi Program KKBPK, untuk kabid KB Yeni Giwe dengan materi tentang Kesehatan Reproduksi Wanita, dan Kabid Ketahanan dan Keluarga Sejahtera Munir Dasim. (ssd)‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *