DPR Dorong Polteknik KP Sidoardjo Kembangkan Inovasi Budi Daya Ikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi mendorong agar Polteknik Kelautan dan Perikanan (KP) Sidoarjo dibinaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mengembangkan inovasi baru dalam hal budi daya dan pengolahan ikan.

Dengan begitu, seluruh inovasi berkaitan dengan kelautan dan perikanan dapat dikembangkan Politeknik KP Sidoarjo. “Kami menginginkan inovasi dalam hal pengolahan, produk hasil pengolahan ikan, budi daya, pakan dan penyakit ikan,” kata Viva Yoga.

Seperti diberitakan, Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI yang dipimpin politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meninjau Politeknik KP Sidoarjo, Jawa Timur, akhir pekan lalu. Ikut bersama rombongan Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dikatakan Viva Yoga, Komisi IV DPR RI mendukung penuh pembangunan sekolah, baik tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun Politeknik di sentra-sentra perikanan karena itu salah satu langkah memajukan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat nelayan.

Jadi, dengan pengembangan edukasi, ilmu pengetahuan dan inovasi yang compatible dengan dunia global, Viva merasa pengembangan dunia maritim, kelautan dan perikanan di Indonesia akan semakin maju dan berkembang.
“Apalagi misi pemerintah adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat dijawab dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek),” terang wakil rakyat dari Dapil X Provinsi Jawa Timur ini.

Tak hanya itu, kata Viva, Komisi IV DPR RI pun turut menyoroti fasilitas di Politeknik KP Sidoarjo. Politeknik KP Sidoarjo masih memerlukan alat baru dan modern sehingga menunjang siswa belajar termasuk menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia khususnya bidang kelautan dan perikanan sehingga mereka mampu bersaing.

“Kami akan minta pemerintah menambah anggaran dalam pengembangan Politeknik Kelautan dan Perikanan, agar siswa dapat dengan mudah dan cepat saat mengembangkan pengetahuan dan teknologi baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” dorong Viva Yoga.

Secara kumulatif, Viva menilai siswa di Politeknik KP Sidoarjo memiliki dasar yang dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan industri 4.0. Untuk itu, ia berharap agar para siswa dapat serius, telaten, dan fokus dalam mengembangkan iptek dan inovasi baru. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *