DPRD Lumajang dan Tasikmalaya Kunker Ke Kota Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Program Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, terkait kesehatan cukup baik. Terbukti, dengan beberapa penghargaan yang diraih beberapa tahun terakhir. Mulai Kota Sehat, Kota Layak Anak, hingga capaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) dengan kategori sangat baik. IPM Kota Madiun mencapai 80,13 di 2017. Capaian ini menempatkan Kota Madiun di urutan ketiga dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Pelayanan kesehatan menjadi salah satu pendongkrak IPM Kota Madiun. Mulai penekanan angka gizi buruk, penekanan angka kematian ibu dan bayi saat persalinan dan capaian angka harapan hidup. Ini tak terlepas dari program pemerintah di bidang kesehatan.

Ternyata, capaian ini menarik perhatian daerah lain. Diantaranya DPRD Kota Tasikmalaya dan DPRD Kabupaten Lumajang yang melakukan kunjungan kerja tentang layanan kesehatan, Rabu 29 Agustus 2018.

‘’Tidak dapat dipungkiri, capaian bidang kesehatan di Kota Madiun cukup baik. Jadi tepat kiranya kalau kami datang untuk ‘belajar’ ke sini,’’ kata Wakil Ketua DPRD Tasikmalaya, Muslim, saat kunjungan kerja di DPRD Kota Madiun.

Berbagai pertanyaan tentang kesehatan dilontarkan. Pihaknya memang sedang menyusun Raperda tentang Kawasan Bebas Rokok di Tasikmalaya. Raperda memang tidak hanya soal penyediaan ruang khusus merokok. Namun, bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat tentang rokok. Paling tidak, masyarakat tidak merokok di ruang umum.

Begitu juga dengan Komisi D DPRD Lumajang yang juga membawa misi kesehatan. Namun, lebih luas. Ketua Komisi D DPRD Lumajang, Sugianto, menyebut, pihaknya ingin tahu lebih mendalam terkait jaminan persalinan bagi ibu hamil di Kota Madiun. Ini penting agar kesehatan ibu dan bayi terjamin serta menekan angka kematian keduanya.

‘’Persalinan harus ditolong petugas medis yang membidangi. Agar mau menggunakan jasa medis, masyarakat harus mendapat jaminan. Mulai biaya hingga pelayanan kesehatan sampai tuntas. Kami ingin mendapat referensi terkait itu di sini,’’ ungkap Sugianto.

Sekretaris DPRD Kota Madiun, Misdi, mengatakan, pihaknya secara terbuka menerima kunjungan kerja dari daerah lain. Bahkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sengaja didatangkan agar semua pertanyaan terjawab tuntas. Pihaknya, berharap kunjungan DPRD Kota Tasikmalaya dan DPRD Kabupaten Lumajang, optimal. Ini penting demi kemajuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat.

‘’Silahkan ditanyakan apa saja. Di sini sudah ada Dinas Kesehatan. Semoga semua pertanyaan terjawab,’’ kata Misdi.

Plh Kepala Dinkes dan KB Kota Madiun, Lestari, menjelaskan, seluruh masyarakat Kota Madiun mendapat jaminan kesehatan melalui program Jamkesmasta. Program tidak tebang pilih. Artinya, masyarakat mampu yang mau mendapat pelayanan di kelas tiga juga mendapat program ini. Bahkan, masyarakat pendatang yang sudah tinggal minimal enam bulan di Kota Madiun juga mendapat jaminan ini. Menariknya, sumber dana menggunakan APBD.

Lestari tak membantah terdapat pos anggaran pemerintah pusat khusus untuk persalinan. Namun, tidak pernah digunakan sepeserpun. Padahal, anggaran mencapai Rp. 1 miliar lebih. Anggaran tidak diserap karena terbentur petunjuk teknis (juknis). Aturan menyebut untuk masyarakat yang memiliki jarak tempuh lebih dari satu jam dengan fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat. Sebaliknya, Faskes di Kota Madiun dapat ditempuh tidak lebih dari 30 menit.

‘’Kota Madiun hanya memiliki luas wilayah 33 kilometer persegi. Dengan luasan itu, kami memiliki delapan Puskesmas dan 16 Pustu. Itu belum rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain. Jadi kami tidak dapat menggunakan anggaran dari pemerintah pusat tersebut,’’ terang Lestari.

Dinkes juga mensiagakan layanan ambulan 24 jam. Petugas sengaja disif. Layanan ini tidak hanya untuk ibu melahirkan. Namun, semua jenis panggilan kesehatan. Keberhasilan penanganan persalinan juga didukung tenaga medis yang berkompeten.

Lestari menyebut, pendidikan dan pelatihan petugas rutin dilakukan. Puskesmas, katanya, sudah berbentuk badan layanan umum daerah (BLUD). Tak heran, anggaran untuk peningkatan kompetensi dapat dicukupi secara mandiri.

‘’Namun, untuk pelatihan di atas tiga hari, biasanya dibantu dari BKD,’’ tambahnya.

Terkait angka gizi buruk, Lestari menyebut hampir sudah tidak ada di Kota Madiun. Jika ada, biasanya karena adanya komplikasi dengan masalah lain. Masalah yang ada saat ini biasanya angka gizi kurang. Berbagai program diberikan. Mulai pemberian nutrisi tambahan hingga kondisi yang bersangkutan baik. Kota Madiun juga memiliki petugas promosi kesehatan (Promkes), perawat dan bidan minimal seorang ditiap kelurahan.

‘’Pendampingan tidak hanya satu dua bulan. Tapi sampai kondisi si anak ini benar-benar baik,’’ pungkasnya. (Diskominfo/editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *