Dua Hari Diuji, Prajurit Lanal Denpasar Tunjukan Kemampuan Glagaspur Dihadapan Tim Kolat Koarmada II

  • Whatsapp

beritalima.com | Selama dua hari kedepan, prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V akan menampilkan kemampuan dan profesionalisme dalam gelar Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I/II (P1 dan P-2) dihadapan Tim Uji Petik Komando Laitihan (Kolat) Koarmada II, Selasa (10/12).

Menurut Danlanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Hendricus Prihantoko mengatakan, kegiatan rutin yang dilaksanakan Tim Kolat di Pangkalan TNI AL jajaran Koarmada II ini, dimaksudkan untuk melihat dan mengukur sampai sejauh mana pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan prajurit dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Dalam kegiatan latihan tersebut lanjut Danlanal, prajurit Lanal Denpasar akan diuji pengetahuannya dan dilihat langsung kemampuan praktek di lapangan.

Materi yang diujikan berupa pengecekan software dan hardware, test tertulis bidang Kamla, SAR, Kebaharian Komunikasi, Bongkar pasang senjata, Dakhura, PDD khas TNI AL, Watpers, Dukungan perbekalan, Kesehatan dan PEK.

Selain itu ada uji manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, PBB, PDD, TUM, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan, PEK dan Evakuasi Media Darat.

Menurutnya, kedatangan Tim Kolat Koarmada II ke Lanal Denpasar Bali sangat diperlukan dalam rangka memberikan masukan dan bimbingan kepada seluruh anggota Lanal Denpasar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Danlanal berharap, hasil uji petik yang dikerjakan, Tim Kolat Koarmada II ini, akan bisa melihat dan mengukur sampai sejauh mana kemampuan prajurit Lanal Denpasar dalam melaksanakan tugasnya.

“Dari hasil penilaian Tim Kolat Koarmada II diharapkan bisa memberikan saran masukan untuk dijadikan bahan evaluasi dan perbaikan untuk kelancaran tugas pada masa yang akan datang,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Katim Uji Petik Kolat Koarmada II, Letkol Laut (P) D.A. Mansyur menjelaskan bahwa uji petik Glagaspur P1/P2 Pangkalan merupakan perintah pimpinan TNI AL yang harus dilaksanakan untuk melihat sampai sejauh mana kemampuan prajurit TNI AL dalam melaksanakan latihan-latihan yang sudah ditetapkan.

Materi yang diujikan diharapkan bisa dijadikan pedoman bagi seluruh prajurit TNI AL dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Penilaian dari Tim Uji Petik Kolat Koarmada II la njutnya, prioritas utamanya adalah ingin melihat secara langsung bagaimana pengetahuan prajurit Lanal Denpasar Bali dalam menjawab semua pertanyaan tertulis dan menilai tingkat kedisiplinan serta semangat juang dalam melaksanakan kegiatan di lapangan.

“Rencananya Tim Kolat Koarmada II akan melaksanakan uji petik di Lanal Denpasar Bali selama dua hari dan akan mengevaluasi hasil kegiatan yang akan disampaikan kepada Palaksa dan Perwira Lanal Denpasar Bali pada acara penutupan latihan,” pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *