Dukung Pemerataan Pembangunan Kawasan Timur Lewat Jaringan USO

  • Whatsapp

ENDE, beritalima.com | XL Axiata terus melanjutkan pembangunan jaringan telekomunikasi dan data di daerah terpencil melalui skema USO (Universal Service Obligation) di 2019 ini. Program ini untuk pemerataan dan penyediaan layanan telekomunikasi dan data di daerah.

Pembangunan jaringan USO oleh XL Axiata tahun ini mencakup 289 titik di berbagai provinsi yang sebagian besar masuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT). Manajemen XL Axiata dan Kementerian Kominfo meresmikan itu di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, Senin (28/10/2019).

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, XL Axiata memiliki spirit yang sejalan dengan visi pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet bagi masyarakat di daerah terpencil, agar mereka segera dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

Semua titik BTS USO yang dibangun XL Axiata tahun ini berada di 51 kabupaten, sebagian besar di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia, termasuk Sulawesi, NTT, Maluku, dan Papua. Pembangunan jaringan USO di titik-titik itu dimulai sejak Oktober 2019 dan akan tuntas akhir tahun ini.

“XL Axiata merupakan operator telekomunikasi pertama yang on air jaringan USO di 2019. Dari seluruh 289 BTS USO yang dibangun merupakan BTS 4G,” kata Yessie.

XL Axiata berharap akan bisa melanjutkannya di 2020 di area yang semakin luas. XL Axiata juga akan mengelola dan mengembangkan semua jaringan USO yang dibangun menjadi jaringan yang mampu melayani masyarakat semaksimal mungkin agar memberikan nilai ekonomi dan bisnis.

Untuk itu, seiring pembangunan jaringan USO ini, juga akan dibangun ekosistem pendukung, sehingga masyarakat semakin mudah mengakses semua jenis layanan XL Axiata.

Data trafik yang tercatat di setiap BTS menunjukkan kenaikan cukup signifikan sejak pertama kali beroperasi hingga saat ini, yaitu rata-rata antara 11% – 15%.

Selain itu, jumlah masyarakat yang memanfaatkannya juga terus bertambah. Artinya, masyarakat mendapatkan manfaat dari jaringan USO. Termasuk juga aparat pemerintah setempat dalam memberikan layanan kepada warganya. Karena itu, XL Axiata berencana meningkatkan kualitas jaringan menjadi 3G. (Ganefo)

Teks Foto: Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya (2 dari kiri) bersama para pejabat terkait di acara peresmian pembangunan BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, Senin (28/10/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *