Emas Biru, Babinsa Bobong Dampingi Pembuatan Keramba Budidaya Ikan DAN Lobster

  • Whatsapp

Ternate;23/02/2017

Autentifikasi Nomor : B/031-PEN/II/2017

EMAS BIRU, BABINSA BOBONG DAMPINGI PEMBUATAN KERAMBA BUDIDAYA IKAN DAN LOBSTER

Bobong (23/02), Babinsa Koramil 1509-03/Bobong Praka Wahyudin lakukan pendampingan pembuatan keramba tancap yang dilakukan Kelompok Nelayan Desa Limbo Kec. Bobong kab. P. Taliabu.

Pembuatan keramba dengan menggunakan jaring tancap sendiri dipilih atas pertimbangan karakteristik perairan setempat yang memiliki kriteria volume air pasang dan surut tidak jauh berbeda selain itu juga dinilai lebih praktis dan efisien, keramba sendiri diperuntukan untuk pembudidayaan ikan maupun lobster hasil tangkapan berlebih dari nelayan yang disimpan dalam keramba yang disebut dengan Bank Ikan. Kegiatan sendiri terlaksana atas inisiasi dari Babinsa yang memberikan pemahaman maupun pelatihan kepada Kelompok nelayan di desa binaannya sehingga mereka tertarik dengan konsep yang ditawarkan yaitu Life Stock atau cadangan ikan dimasa sulit seperti ombak tinggi maupun kondisi laut yang tidak bersahabat.

Sementara itu ditampat terpisah Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Joni Widodo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Emas Biru yang digagas oleh Pangdam XVI/Ptm, Program tersebut sudah berjalan selama 2 Tahun ke belakang dengan beberapa Pilot Project yang telah berhasil, dan saat ini kita terus kembangkan dan tingkatkan ke daerah-daerah lain di Jajaran Kodim 1509/Labuha dengan memanfatkan para Babinsa untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakatnya khususnya nelayan untuk turut melaksanakan program tersebut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *