Empat Raksasa Marketplace Online Siap Dukung Milenial Job Center Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Empat raksasa marketplace online yakni Blibli, Tokopedia, Bukalapak danShopee siap mendukung program Millenial Job Center (MJC) yang digagas olehGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim, EmilElestianto Dardak.

Menindaklanjuti hal tersebut, Gubernur Jatim mengundang keempatmarketplace online tersebut ke Surabaya untuk membahas potensi kolaborasi dalammendorong pengembangan UMKM Jawa Timur, dalam acara diskusi yangdiselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim pada hari ini, Selasa(19/3) bertempat di Graha Pena, Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak, yangdipercaya Khofifah untuk memimpin inisiatif Milenial Job Center, akan mewakiliGubernur Jatim untuk memandu jalannya diskusi dengan marketplace onlinetersebut.

Emil, sapaan lekat Wagub Jatim tersebut, akan mengajak keempatperusahaan marketplace tersebut untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan MJC. Menurut Emil, MJC akan menjadi wadah bagi generasi milenial yang inginmengembangkan karir di bidang profesi milenial seperti social media management,digital marketing, drone video production, augmented reality programming, virtualreality content production, dan profesi era milenial lainnya.

“Profesi-profesi era milenial ini sangat dibutuhkan dunia usaha Indonesiauntuk bisa bersaing di era digital, namun yang dibutuhkan bukan hanya pendidikanformalnya melainkan yang paling penting adalah on the job learning”, ujar Emil.

MJC, lanjutnya, akan mempertemukan talenta profesi milenial yang sudahmemiliki kemampuan dasar namun belum memiliki rekam jejak profesional atauportofolio, dengan klien yang bersedia memberikan pekerjaan atau proyek kepadatalenta baru yang belum berpengalaman.

Tentunya dengan biaya jasa pekerjaanyang relatif rendah menyesuaikan jam terbang talenta tersebut. MJC juga akanmenyediakan mentor profesional dari kalangan praktisi untuk mendorong proses onthe job learning.

“Orientasi talenta baru MJC jangan uangnya, tapi on the job learning-nya.Kalau sudah punya jam terbang dan karya profesional yang mumpuni, billing rateatau biaya jasanya otomatis akan meningkat”, kata Emil.Emil menegaskan, keempat marketplace yang hadir tersebut siap mendukunginisiatif MJC dan siap membantu memetakan jenis profesi milenial yang dibutuhkandunia usaha serta mendukung tersedianya mentor profesional.

“Untuk para mentor, kalau yang benar-benar profesional dan sukses pastinyasibuk dan hampir tidak ada waktu untuk mendampingi talenta baru. Tapi karena iniprogram pemerintah, ini adalah panggilan ‘merah putih’, jadi walaupun akan adaapresiasi dalam bentuk finansial, yang paling utama justru kesempatan bagi paramentor untuk mengabdi pada kemajuan bangsa”, pungkas Emil. (rm)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *