Enam Air Terjun Di Kabupaten Bengkulu Tengah_Provinsi Bengkulu

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com – Provinsi Bengkulu menyajikan berbagai tempat wisata yang patut untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Nah kali ini kita akan memperkenalkan beberapa nama air terjun yang terletak diwilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, dan berikut sekilas gambarannya :

  1. Air Terjun Tabalagan
    Dari Kota Bengkulu, ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh. Pertama, bisa lewat Desa Air Sebakul, kemudian lurus saja hingga ke Desa Langan Bungin, dengan jarak tempuh sekitar 24 km dari pusat kota. Bisa juga, melewati Desa Kembang Sri, kemudian berbelok melewati Desa Taba Lagan. Dari simpang tiga Taba Lagan, lurus saja hingga 2 km hingga tiba di Pabrik Batu Bara. Dari pabrik tersebut, tinggal 500 meter lagi. Lebih disarankan banyak bertanya, karena jalan menuju lokasi air terjun hampir ‘tersembunyi’ dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor. Tetapi bila membawa mobil, parkirkan saja di depan jalan, karena masuk ke dalam hanya tinggal berjalan kaki sekitar 20 meter saja.

  2. Air Terjun Embun
    Air Terjun Embun yang terletak di Desa Langanbungin Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah dengan ketinggian sekitar lima meter merupakan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan.

  3. Air Terjun Datar Lebar
    Objek wisata Air Terjun Desa Lebar ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung Desa Datar Lebar. Air terjun setinggi 15 meter ini berada kurang lebih 10 Km dari jalan raya. Karena aksesnya yang masih relatif susah ditempuh, maka objek wisata ini kurang diminati, padahal jikalau kita mau berusaha sedikit dan menikmati suasana hutan yang masih asri, rasa letih tersebut dapat terobati dengan pemandangan alam air terjun tersebut.

  4. Air Terjun Luang Tengah
    Air Terjun Luang Tengah meniliki ketinggian sekitar 15 m dengan 3 buah terjunan air. Terletak di Desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Butuh waktu 2 jam perjalanan dengan berkendara dari pusat Kota Bengkulu ke Kecamatan Merigi Kelindang. Setelah itu berjalan kaki 15 menit melalui jalan setapak sejauh 200 m melewati pemukiman warga.

  5. Air Terjun Cughub Hujan
    Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 15 m saja, akan tetapi memiliki suasana yang masih asri dan alami. Aliran terjunan air ini berasal dari aliran Sungai Rindu Hati. Di bagian bawahnya terdapat kolam penampungan air yang memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa sehingga dapat digunakan untuk berendam atau mandi. Konon bagi pengunjung yang pernah mandi di aliran sungai dekat air terjun ini, mereka akan terkenang atau rindu untuk kembali mandi lagi ke tempat ini. Terletak di Desa Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

  6. Air Terjun Pintu Langit
    Nama lain dari Air Terjun Pintu Langit adalah Air Terjun Kluntung. Air terjun ini memiliki ketinggian hanya sekitar 12 m saja dan terletak di kawasan perkebunan Riau Agri Agung (RAA). Terletak di Desa Rena Kandis, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah. Berjarak tempuh sekitar 1 jam dari Kota Bengkulu atau 30 menit dari Pagar Jati melewati Simpang Tumbuk Desa Rena Jaya.

Untuk diketahui, selain air terjunnya, Bengkulu Tengah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Benteng ini juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah indahnya. Berbagai tempat wisata di Benteng sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *