Eva Ristiana, Penyaji Terbaik Dalang Remaja Kebanggaan Masyarakat Sumenep

  • Whatsapp
Eva Rustiana, siswi kelas IX SMP Negeri Dasuk Sumenep Madura Jawa mendapat gelar ‘Best of The best’ Penyaji terbaik pada Festival Topeng Dalang Remaja didampingi Kepala SMPN 1 Dasuk, Imam Wahyudi, MPd.
regenerasi kesenian topeng dalang remaja Sumenep

SUMENEP, beritaLima – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Disparbudpora Sumenep serius melestarikan kesenian tradisional. Salah satu kesenian yang menjadi perhatian adalah tari topeng dalang.

Guna melestarikan kesenian tersebut, digelar Festival Dalang Remaja, Bahkan penyaji dalang terbaik remaja tahun 2017 disertakan dan turut memberikan penampilan terbaiknya pada acara Launching Visit Sumenep 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI.

Eva Ristiana Penyaji Terbaik Topeng dalang remaja 2017, siswi SMPN 1 Dasuk Sumenep saat mengikuti Launching Visit Sumenep 2018 di Kementerian Pariwisata RI

Eva Ristiana, siswi kelas IX SMP Negeri Dasuk Sumenep Madura Jawa Timur ”Siswi kita (SMPN 1 Dasuk, red) mendapat gelar ‘Best of The best’ dari 25 peserta,” ujar Kepala SMPN 1 Dasuk, Imam Wahyudi, MPd.

Menjadi penyaji terbaik dalam festival tersebut, kata Imam, Eva Rustiana pun mendapatkan kesempatan untuk tampil di depan Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim saat penganugerahan. Bahkan, ia didapuk untuk tampil di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia guna promosi Visit Sumenep 2018.

Kesempatan nge-dalang di Ibu Kota itu, tentu membuat Imam dan seluruh keluarga besar SMPN 1 Dasuk bangga. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu prestasi cemerlang sekolah yang dipimpinnya selama tahun 2017 ini.

“Topeng dalang sebagai salah satu pilar utama seni budaya Indonesia yang harus dipelihara, dikembangkan dan dilestarikan. Sudah menjadi kewajiban bersama baik pemerintah dan masyarakat untuk tetap mempertahankan kebudayaan yang sudah mulai langka ini. Pemerintah harus ikut andil dalam pengembangan seni dan budaya daerah terutama dalam mencari bibit unggul pemuda berbakat”, ungkap Imam Wahyudi.

Untuk diketahui, Eva belajar dan menimba ilmu di SMPN 1 Dasuk kelas IX sekarang. Dia memilih tempat untuk belajar yang tepat karena SMP Negeri 1 Dasuk memiliki fasilitas belajar yang cukup lengkap dan guru – guru yang memiliki kualifikasi mengajar sesuai dengan bidang studinya Semuanya Sarjana S1.

Program sekolah akademik dan non akademik terlaksana dengan baik, banyak raihan prestasi sudah didapat seperti juara1 tari dan musik tradisional. Juara1 lomba Lingkungan Sekolah Sehat. Meraih penghargaan sebagai Sekolah Adi Wiyata tingkat Nasional. Juara 3 lomba Kinerja Aparatur Negara, Dalang Remaja Terbaik 2017. Juara1 renang gaya kupu – kupu. Juara 2 gaya dada, Juara 3 gaya bebas dalam kejuaraan renang antar pelajar se – Madura.

Imam Wahyudi berharap agar SMPN 1 Dasuk ke depan tetap kompak bersama-sama dewan guru yang luar biasa, ia yakin bisa meningkatkan prestasi, baik akademik maupun non akademik. “Menjaga kekompakan dan kebersamaan merupakan salah satu faktor terpenting agar bisa maju bersama, karena prestasi yang diraih SMPN 1 Dasuk merupakan kebanggan kita seluruh warganya”, imbuh Imam Wahyudi, MPd.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *