Fatma Saifullah Yusuf Dukung Program Rotary Club Peduli Kanker Payudara

  • Whatsapp
Istri Wagub Jatim Fatma Saifullah Yusuf membuka workshop kanker payudara di hotel Verwood

SURABAYA, beritalima.com – Pembangunan Sumber Daya Manusia/SDM melalui kesehatan merupakan aspek penting dalam pembangunan nasional. Untuk itu, isteri Wakil Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf  mendukung program yang dilakukan Rotary Club of Surabaya Kaliasin dalam bidang kesehatan terutama dalam mencegah penyakit kanker payudara.

“Kaum perempuan punya peran penting dalam pembangunan, melalui deteksi dini pencegahan kanker payudara ini menjadi bagian dari mewujudkan keluarga, masyarakat dan bangsa yang maju, kuat dan sehat,” terang Fatma, sapaan lekatnya saat membuka Breast Cancer Workshop “How to Detect & Survive” di Verwood Hotel & Serviced Recidence Surabaya, Rabu (18/10).

Menurutnya, penyakit kanker payudara di Jawa Timur menempati posisi kedua setelah kanker serviks. Untuk itu, pencegahan atau deteksi dini kanker payudara harus terus dilakukan. “Mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga sedini mungkin kita harus rutin mengecek dan memeriksa kesehatan terutama bagian vital yakni payudara,” terang Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Timur ini.

Sebagai perempuan, lanjut Fatma, harus selalu peduli pada penampilan baik luar maupun dalam. Ini penting dilakukan untuk menunjang penampilan yang sehat jasmani secara menyeluruh. Untuk itu, melalui program “SADARI” atau “Pemeriksaan Payudara Sendiri” diharapkan dapat mewujudkan kesehatan perempuan secara paripurna.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, program sosial yang dilakukan Rotary Club sangat baik terutama untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Menurutnya, membantu orang menjadi tugas semua manusia, karena iman tidak hanya diukur dengan ketekunan seseorang dalam menjalankan ritualitas ibadah, tapi seberapa cinta serta kasih sayang kepada orang lain. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain karena makna cinta adalah saling mengasihi, menyayangi, serta peduli terhadap sesama,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Fatma mengapresiasi langkah yang dilakukan Rotary Club of Surabaya Kaliasin yang senantiasa mengembangkan serta meningkatkan komunikasi yang efektif dengan berbagai lapisan masyarakat. Termasuk kepedulian Rotary terhadap masyarakat kurang beruntung untuk tetap menjadi prioritas dalam pelayanan program.

Di akhir sambutannya, Fatma berharap konsistensi program tentang kampanye kesadaran deteksi dini pada kanker payudara ini agar terus disebarluaskan di kalangan ibu-ibu dan remaja. “Semoga seminar hari ini mampu menumbuhkan kesadaran kita untuk terus melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara,” pungkasnya.

Sementara itu, President Rotary of Surabaya Kaliasin, Rosma Yuliani mengatakan, Rotary Club memiliki kepedulian pada lingkungan, generasi muda dan kesehatan untuk meraih kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, seminar ini diselenggarakan sebagai bagian dari memperingati hari peduli kanker payudara yang diperingati setiap bulan Oktober. Rotary sendiri terus melakukan berbagai program kepedulian sosial termasuk yang saat ini sedang digalakkan yakni ‘Cegah Talasemia’. “Kami yakin program ini akan berhasil bila ada dukungan dari semua pihak termasuk dari pemerintah. Semoga rencana kami bisa terwujud karena inti Rotary adalah peduli pada kemanusiaan,” jelasnya.

Seminar kali ini menampilkan narasumber dan pakar yang ahli di bidang kanker payudara. Seperti dr. Ario Djatmiko, Sp.B Onk yang merupakan dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi dan dr. Agus Ali Fauzi PGD, Pall. Med. (ECU), seorang ahli paliatif dari RSUD. Dr. Soetomo Surabaya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *