Festival Pangan Balak Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke 73 Tahun

  • Whatsapp

LAMPUNG, KOTAAGUNG, beritalima.com, — Pemerintah Kabupaten Tanggamus Melalui Dinas Pariwisata menggelar Acara Pangan Balak dalam Rangka Memperingati Hut RI ke 73 Tahun 2018,bertempat di Taman Wisata Muara Indah Kotaagung, Jumat (10/8).

Turut hadir Penjabat Bupati Ir. Zainal Abidin, MT., Ketua Anggota DPRD Heri Agus Setiawan, S. Sos, Kasdim 0424 Inf. Suhada Erwin, Perwakilan dari Kapolres Tanggamus, Ketua TP PKK ibu Hartati Zainal Abidin, Plh. Sekdakab Fb. Karjiono, Asisten tiga Firman Rani, para Anggota DPRD, Para OPD terkait, Para Camat, serta para Undangan.
Dalam Laporan Kepala Dinas Pariwisata Ibu Retno Noviana Damayanti, disampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan adalah Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pariwisata No:76 Tahun 2016 Tanggal 29 Desember 2016.
Dengan Tema: ” Dengan Festival Pangan Balak Kita Lestarikan Adat Budaya dan Potensi Wisata Kabupaten Tanggamus”.
Adapun maksud dan tujuannya adalah, Festival pangan balak dimaksudkan untuk melestarikan adat dan budaya kabupaten tanggamus dan mendongkrak kepariwisataan kabupaten tanggamus dangan cara menampilkan dan menumbuh kembangkan potensi pariwisata dan melestarikan adat budaya kab. Tanggamus.
Sedangkan Tujuannya adalah yakni untuk menggali potensi seni dan budaya yg ada di kabupaten tanggamus serta mempromosikan dan memperkenalkan obyek wisata unggulan, melestarikan adat budaya diKabupaten Tanggamus.
Peserta Pangan Balak ini terdiri dari 60 peserta yakni 36 SKPD, 17 dari Kecamatan, instansi vertikal dan Organisasi Wanita Kab. Tangganus, serta 7 umun dari Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) dan sekolah2 diLingkungan Kec. Kotaagung.
Selanjutnya, Festival Pangan Balak meliputi : Pangan balak, hiburan, lomba pangan balak berupa Penyajian Rasa, nilai Gizi, dan unsur tradisi/ budaya.
Sementara Dalam sambutan Pj. Bupati Zainal Abidin, MT. mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan pemicu berkembangnya perekonomian demi meningkatnya pendapatan masyarakat. Ada 4 pilar penting untuk menciptqkan sektor pariwisata yg baik diantaranya: Aksebilitas, Amenitas, Atraksi, dan ansiliari.
Melalui kesempatan yg baik ini, saya minta semua Dinas terkait agar segera ambil peran sesuai dengan tupoksinya untuk memajukan sektor pariwisata Kab. Tanggamus. Kawasan muara indah ini adalah milik Daerah Kab. Tanggamus, maka menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memajukan obyek wisata dan kedepan saya berharap lokasi ini menjadi Rest Area dan pusat perekonomian baru diKawasan Kotaagung dan Sekitarnya.
Festival pangan balak yg kita selenggarakan ini mudah-mudahan akan menjadi pemicu kemajuan pariwisata diKab. Tanggamus pada Umumnya dan Muara Indah pada khususnya.
Kembali saya berharap, dalam kegiatan ini bisa menjadi Event rutin untuk melestarikan adat dan budaya Kab. Tanggamus dalam menarik para wisatawan dimasa” mendatang demi kemajuan perekonomian serta pembangunan di Kabupaten Tanggamus.
Selanjutnya, untuk para peserta lomba saya ucapkan selamat berlomba lakukan secara sportif dan penuh dengan kegembiraan,ucapnya.
Adapun nama-nama Pemenang Lomba Festival Pangan Balak adalah.
Untuk OPD
juara 1. Pu, 2.Bappeda,3. Pmd, untuk juara Harapan OPD 1.PP PA, 2. Dinas Kesehatan, 3. Bkp SDM.
untuk Kecamatan Juara 1. Gisting, 2. Talang Padang, 3. Kotaagung Pusat, sedangkan untuk juara Harapan kecamatan juara 1. kec. Ulu Belu, 2. Cukuh Balak, 3. Bulok.
Selanjutnya untuk umum juara:
1.Pokdarwis Waylaan, 2. SUPM, 3. Persit Kodim, dan Untuk juara penampilan terbaik adalah 1. Dinas Ketahan pangan, 2. Kec. Semaka, 3.Bank Lampung.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *