Festival Topeng Dalang – Dalang Cilik Warnai Hari Jadi Kabupaten Sumenep

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Dalam rangka melestarikan topeng dalang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar festival lomba Topeng Dalang tingkat pelajar dan mahasiswa.

Upaya melestarikan budaya topeng dalang terus dilakukan Pemkab Sumenep melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga, dengan mengusung tema “Dalang Topeng + Dalang Cilik”.

Festival topeng dalang akan di buka pukul 19.00 Wib (malam) bersamaan dengan Sheculfest dan Direct promotion 2019, bertempat di sepanjang jalan raya Dr. Suetomo Sumenep, Sabtu, 12/10/2019.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep, Robi Firmansyah menyampaikan bahwa, topeng dalang merupakan kesenian madura yang pertama kali di hadirkan di Jawa Timur hingga tersebar ke beberapa pulau jawa, dulu-dulunya pernah berjaya, tidak terkecuali sampai ke pulau bali.

“Untuk itu, jumlah peserta sampai saat ini sudah sesuai target yakni sebanyak 20 orang yang akan mengikuti pagelaran tradisi madura ini, utamanya di Sumenep.” katanya.

Menurut Robi, tujuan dari festival lomba dalang ini adalah untuk melestarikan Topeng Dalang di Kabupaten Sumenep. Dan respon dari masyarakat sangat luar biasa, karena tradisi yang sudah lama tidak diketahui masyarakat, akhirnya dapat ditampilkan dan mulai dilestarikan mulai saat ini.

“Topeng Dalang ini akan terus di lestarikan, namun tidak hanya berbentuk lomba saja melainkan bagaimana kita akan terus menjaga tradisi ini.” ucapnya.

Sementara untuk pelaksanaan lombanya, festival topeng dalang remaja tersebut akan digelar di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) selama dua hari, yakni mulai tanggal 12-13 Oktober 2019.

Nantinya, lanjut Robi, akan diambil 6 juara. Juara 1, 2, dan 3, serta juara harapan 1, harapan 2, dan harapan 3. Selain mendapat trophy, pemenang akan mendapat hadiah berupa televisi.

“Nanti pemenang akan dapat trophy. Selain itu, pemenang, mulai juara satu hingga juara harapan tiga akan mendapat televisi.” pungkasnya.

Kegiatan dan pagelaran Dalang Topeng tersebut merupakan kegiatan yang terdaftar di kalender Visit Sumenep 2019. Selain itu, pagelaran itu juga bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-750 tahun 2019.

(**An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *