Ganjar Pranowo Buka Kongres Perempuan Jawa Tengah I

  • Whatsapp

SEMARANG, beritalima.com- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, membuka Konggres Perempuan Jawa Tengah I, yang digelar di Balairung UTC, Semarang, 25-26 November 2019.

Kegiatan dengan tema “Menguatkan Kepemimpinan Perempuan Untuk Mewujudkan Pemerintah Yang Demokratis, Adil dan Sejahtera” ini, menghadirkan keynote speech stadium general Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Gusti Ayu Bintang Darmawati, dengan paparan “Perspektif Perempuan Indonesia Dalam Pembangunan”.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah, Retno Sudewi, mengatakan, kongres yang diinisiasi pihaknya bersama Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) ini, untuk mencari solusi atas berbagai masalah terkait perempuan.

Ada tiga tema yang diangkat pada seminar I Kongres Perempuan hari pertama. Pertama situasi kekerasan, kemiskinan dan kesenjangan perempuan dalam berbagai bidang di Jawa Tengah, dengan nara sumber Dr. Kunthi Tridewiyanti SH, MA, ketua Asosiasi Pengajar Hukum Adat dan Gender Universitas Pancasila Jakarta yang juga mantan komisioner Komnas Perempuan, kemudian kesenjangan kebijaksanaan dan kewajiban pemerintah dalam menghapus berbagai bentuk diskriminasi terhadap perempuan dengan nara sumber Azriana Manalu, SH Ketua Komnas Perempuan.

Visi dan strategi pemerintah baru ( 2020-2024) dalam memajukan kesejahteraan perempuan di berbagai bidang nara sumber Subandi Sarjoko, Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, BAPPENAS RI.

Sedangkan seminar II di hari pertama Kongres Perempuan dengan tema “Menguatkan Kepemimpinan Perempuan dalam mewujudkan Perdamaian, Keberagaman, dan Pembangunan Berkeadilan.”

Ada tiga tema yang diangkat dalam seminar II hari pertama Kongres Perempuan. Yaitu Tantangan Kepemimpinan dan Partisipasi Perempuan Komunitas/Akar Rumput dalam Pembangunan dan Membangun Perdamaian nara sumber Masruchah, Pusat Pendidikan dan Informasi Islam serta Hak-hak Perempuan/Rahima.

Kedua Upaya Pemerintah untuk meningkatkan Kapasitas Kepemimpinan Perempuan dalam Pembangunan dan Perdamaian di Jawa Tengah nara sumber Dra. Retno Sudewi, Apt, Msi, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah.

Ketiga Strategi Budaya untuk Pendidikan berkeadilan Gender dan Toleransi bagi Kaum Millenial nara sumber Agustina Wilujeng Pramestuti, Wakil Ketua Komisi X DPR RI.

Hari kedua Kongres Perempuan 1 Jawa Tengah hari ke dua diadakan Diskusi Tematik dengan membagi 700 peserta kongres menjadi lima group dengan lima bahasan yang berbeda.

Tematik I “Peningkatan Kapasitas Perempuan di bidang Pendidikan, Kesehatan dan Masalah Sosial lainnya” nara sumber Atiqoh Ganjar Pranowo, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah. Topik yang dibahas “Peran PKK dalam Memajukan Perempuan di Jawa Tengah dalam bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan masalah sosial lainnya”. Ruang Rama UTC Hotel Semarang.

Tematik II “Penguatan dan Pembedayaan Kelompok Perempuan Rentan/Marjinal”. Nara sumber : Wity Muntari (LRC-KJHAM) topik “Strategi Penguatan dan Pemberdayaan dalam Mengatasi Masalah Kekerasan terhadap Perempuan Marginal”. Ruang Astina UTC Hotel Semarang.

Tematik III “Perempuan dan Perlindungan Sosial” narasumber Sukirman, SS, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah. Topik bahasan “Visi DPRD Jawa Tengah terkait Regulasi dan Kebijakan untuk Perlindungan Perempuan Jawa Tengah”. Ruang Nakula UTC Hotel Semarang.

Tematik IV “Perempuan dan Pengambilan Keputusan dan Pembangunan” narasumber Denty Eka Widi Pratiwi, SE, MH, anggota DPR RI topik bahasan ” Strategi Politik untuk Peningkatan Kapasitas dan Keberpihakan terhadap Perempuan”. Ruang Sadewo UTC Hotel Semarang.

Tematik V “Perempuan dan Toleransi” narasumber Hj. Nawal Arofah Yasin (menantu alm. Mbah Moen tokoh karismatik), Ketua Umum BKOW Provinsi Jawa Tengah. Topik yang dibahas “Perempuan dan Keberagaman Nusantara untuk Mewujudkan Perdamaian”. Ruang Semar UTC Hotel Semarang.

Seusai Diskusi Tematik peserta Komgres Perempuan berkumpul kembali di balairung Astina UTC Hotel Jl. Kelud Raya Semarang. Satu orang wakil dari tiap kelompok Diskusi Tematik maju ke podium memaparkan hasil diskusi kelompok. Kemudian ke lima hasil diskusi tematik disusun untuk dibuat maklumat.

Pembacaan maklumat (Unsur Pemerintah, Akademisi, Komunitas Perempuan, organisasi perempuan) dan penyerahan rekomendasi kepada Gubernur Jawa Tengah. Kongres Perempuan 1 Jawa Tengah ditutup oleh Pj Sekda Provinsi Jawa Tengah mewakili
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berhalangan hadir.

Kongres Perempuan ini, diselenggarakan oleh organisasi dan komunitas perempuan, serta elemen masyarakat lainnya. Sedangkan peserta yang hadir sekitar 700 perempuan yang terdiri dari utusan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, PKK utusan dari 35 kabupaten di Jawa Tengah, KPID Jateng, LBH Semarang, PEPABRI, Jurnalis Perempuan, PEKKA, Komunitas Difabel, Wanita Katholik RI, Aisyiyah, PHDI, Yasanti (Perempuan Buruh), Fatayat NU, Jaringan Ulama Perempuan, Rahima, Akademisi dari beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dan lain-lain.

Para peserta juga menggunakan baju adat Nusantara – Jawa Tengah. Acara kongres sangat padat dengan diadakan seminar 1 di hari pertama “Situasi Kesenjangan dan Visi Pemerintah Memajukan Kesejahteraan Perempuan dan Pembangunan Berkeadilan”. (Lily).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *