Garuda Indonesia Siap Angkut 109. 072 Jemaah Haji Ke Tanah Suci

  • Whatsapp
Keterangan Foto: Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (paling kanan) cek kesiapan pesawat angkutan Haji 2024

Jakarta, beritalimacom|Perusahaan penerbangan nasional Garuda Indonesia siap melayani musim Haji 1445H/ 2024, yang akan mengangkut 109,072 calon jemaah haji terbagi ke dalam 292 kelompok terbang (kloter) ke Tanah Suci.

Para Jemaah haji diberangkatkan dari sembilan embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Nantinya secara bertahap berangkat mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024. Adapun tujuannya ada yang mendarat di Madinah pada 12 – 23 Mei 2024 dan Jeddah pada 24 Mei – 10 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, fase pemulangan jemaah akan dimulai pada 22 Juni sampai dengan 21 Juli 2024. Pada tahap pertama, (12/5), keberangkatan dari tujuh embarkasi, yaitu Jakarta, Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, Makassar, dan Padang. Garuda Indonesia mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar termasuk armada B777-300ER dan A330.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, “berkaca pada pelaksanaan penerbangan haji tahun sebelumnya yakni lebih dari 20% dari total seluruh jemaah yang diantar merupakan kategori lanjut usia (lansia). Sehingga pada tahun ini, Garuda Indonesia juga fokus pada pemenuhan kebutuhan pendukung pelayanan lansia dalam perjalanan udara maupun darat untuk dari dan menuju asrama.”

Dalam pelayanan penumpang, Garuda Indonesia menyiapkan sajian makanan dalam inflight service berupa hot meals sedikitnya dua kali dan snack satu 1 kali. Adapun Garuda Indonesia memberikan improvisasi dengan sajian hidangan khas dari masing-masing daerah embarkasi.

Dan, disediakan perlengkapan penunjang kenyamanan dalam penerbangan seperti penyediaan selimut dan emergency equipment, optimalisasi boarding management hingga penyiapan 30 kursi roda di setiap embarkasi. Selain itu, menambah jumlah petugas darat hingga 10% dari jumlah tahun sebelumnya untuk melayani Jemaah haji.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com

Pos terkait