Program DAK Integrasi Kawasan Minipolitan Kemen-PUPR RI di Desa Randuboto Sukses, Rubah Kawasan Kumuh Jadi Kawasan Pusat Perekonomian

  • Whatsapp
Kades Randuboto, Kepala Desa Randuboto Andhi Sulandra saat mengecek program bedah rumah untuk warganya.(Moh Khoiron)

GRESIK,beritalima.com- Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi dari pemerintah pusat, untuk Kawasan Minapolitan DAS Bengawan Solo di Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik terus berjalan.

Program dari Kementerian PUPR RI telah memberi manfaat bagi masyarakat terutama penataan kawasan yang semula kumuh menjadi indah dan meningkatkan tumbuh kembangnya perekonomian warga.

Tercatat, mulai tahun 2022 Desa Randuboto telah menata kawasan minapolitan dengan melakukan bedah rumah untuk 85 rumah dan menata sanitasi serta pelebaran jalan dari 4 meter menjadi 6 meter dengan total anggaran senilai Rp7,7 miliar.

Selanjutnya pada tahun 2023, Desa Randuboto kembali mendapat bantuan bedah rumah untuk 161 rumah dengan total anggaran Rp14 miliar.

“Untuk tahun 2024, alhamdulillah kami mendapat bantuan bedah rumah untuk 181 rumah dengan anggaran Rp21 miliar. Rencananya akan di mulai pada Juli mendatang,” kata Kepala Desa Randuboto Andhi Sulandra usai kegiatan Sedekah Bumi, Jum’at (10/5/2024).

Dia menyampaikan, selama tiga tahun berjalan total ada 427 rumah warga yang dibedah. “Warga juga mendapat sertifikat tanah,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan program DAK, Pemdes Randuboto juga sudah melaunching kapal The Minion Ferry Boat Amazon Van Java dengan ukuran panjang 28 meter dan lebar 8,4 meter senilai Rp1 miliar pada tahun 2023 lalu.

Sementara itu, Warga Dusun Ujungtimur Desa Randuboto Muarofah mengaku bersyukur menjadi salah satu penerima manfaat atas adanya program bedah rumah. Bahkan, ia kini juga memiliki sertipikat tanah atas rumah yang ia tempati.

“Senang. Akhirnya bisa menempati rumah baru yang kini saya jadikan tempat warung kopi juga,” ujarnya.

Sekedar diketahui, berkat kesuksesan dalam menata kawasan kumuh, pada Mei 2023 lalu ada ratusan orang dari perwakilan Bappenas dan Kementerian PUPR serta penerima DAK dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia berkunjung di Desa Randuboto untuk melakukan studi tiru.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait