Geber Percepatan Vaksinasi, Babinkamtibmas Polresta Banyuwangi Rela Antar Jemput Lansia

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) menemui sejumlah tantangan. Di antaranya, tidak sedikit lansia yang kesulitan menuju lokasi vaksinasi karena tidak memiliki kendaraan maupun tidak ada yang mengantar. Merespons kondisi tersebut, Polresta Banyuwangi mengerahkan anggota bhabinkamtibmas menjemput lansia ke rumahnya, lalu mengantarkan ke lokasi vaksinasi.

Seperti Bhabinkhantibmas Bakungan, Bripka Hendhik Yunika. Selesai apel pagi di Mapolsek Glagah, ia langsung memacu kendaraan menuju rumah seorang lansia dan mengantarkannya ke Kelurahan Bakungan untuk menjalani vaksin.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya mengantar, anggota bhabinkamtibmas menuntun lansia menuju ruang vaksinasi. Dalam sehari, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Glagah tersebut bisa mengantarkan dua sampai tiga orang lansia pulang pergi untuk vaksin. “Kami rela dan ikhlas membantu warga agar program vaksinasi Covid-19 cepat selesai. Warga bisa mengubungi kami untuk diantarkan suntik vaksin,” ujar Bripka Hendhik Yunika Putra.

Setiap menjemput lansian, Hendhik mengetuk pintu rumah mereka. Hendhik pun menjelaskan maksud kedatangannya. Para lansia yang menyatakan kesediaanya untuk menjalani vaksinasi itu, langsung diboncengnya dengan kendaraan pribadinya.”Langsung saya minta naik, jika tidak bisa terpaksa saya gendong naik ke sepeda,” katanya.

Seusai turun dari sepeda motor, petugas vaksinasi Covid-19 telah menunggu di fasilitas kesehatan. Hendhik membawa lansia tersebut ke ruang vaksinasi. Sebelum disuntik vaksin, Hendhik terlebih dahulu menunjukkan KTP dan menjalani skrining kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, vaksin Sinovac dosis pertama pun disuntikkan ke lengan kanannya. ”Kita bantu sampai selesai,” cetusnya.

Jika sudah menjalani vaksinasi, Hendhik pun juga langsung mengantarkannya pulang ke rumahnya. Tidak sampai disitu, ketika menjemput lansia yang tidak bisa jalan. Hendhik juga menuntunnya hingga menggendong mereka. ”Ini semata-mata demi kelancaran program vaksinasi,” ungkapnya.

KabagOps Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setyabudi menjelaskan, layanan antar jemput tersebut guna memudahkan lansia mengakses vaksi Covid-19. Bagi masyarakat yang butuh bantuan antarjemput untuk vaksinasi, bisa menghubungi polsek atau anggota bhabinkamtibmas. ”Kami minta anggota juga keliling. Berkomunkasi dengan satgas untuk mencari apakah ada lansia yang belum vaksin karena kendala transportasi,” terangnya. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait