PTPN XII Berikan Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pemetik Kopi Bondowoso Saat Panen Raya 2019

  • Whatsapp
Foto: Acara jalan santai yang digelar oleh BPJS ketenagakerjaan dengan Pemetik Kopi lereng Ijen

BONDOWOSO, beritalima.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) KCP Bondowoso Diponegoro menggelar acara Panen Raya Petik Kopi 2019 bersama PTPN XII Kebun Blawan, Kebun Kalisat Jampit, Kebun Pancur Angkrek dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Acara dibuka dengan jalan sehat diikuti oleh seluruh pemetik kopi 3 kebun PTPN XII dataran Ijen berjalan dengan start di sekitar Perkebunan kemudian berkeliling kebun hingga finis di tempat awal.

Hadir pula Pj. Sekretaris Daerah Bondowoso Agung Trihandono , Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Dwi Endah Aprilistyani dengan didampingi Kepala bidang pelayanan Cabang Jember Ibrahim hadi wibowo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Bondowoso Sasongko Aji serta Manager PTPN XII Kebun Blawan (Hery Suciyoko), Manager Kebun Kalisat Jampit (Budi Setiawan) dan Manager Kebun Pancur Angkrek (Ardi Rajasa).

Pj. Sekretaris Daerah Agung Trihandono dalam sambutannya menyampaikan, Niatkan daftar BPJSTK dan bayar preminya, itu seperti rasa syukur atau sedekah kita untuk membantu pekerja yang lain ketika mengalami musibah agar kita sebagai pekerja dijauhkan dari celaka. Juga keikutsertaan pekerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan menjadi perhatian penting pemerintah daerah.

“Saya menjadikan keselamatan para pekerja sebagai konsen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan. Saya mendukung BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan penyelenggara negara untuk memberikan perlindungan kepada pekerja,” tuturnya Jumat (28/06) dihadapan para peserta.

Demi perlindungan para pemetik kopi di seluruh area kebun PTPN XII dataran Ijen. Manager PTPN XII Kebun Blawan, Kebun Kalisat Jampit dan Kebun Pancur Angkrek akan mendaftarkan seluruh pemetik kopi miliknya. Dalam acara di serahkan secara simbolis klaim Jaminan Kematian petani Kopi dari Bondowoso.

“seluruh pemetik kopi PTPN XII Kebun Blawan, Kebun Kalisat Jampit dan Kebun Pancur Angkrek akan kami daftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, mengingat panen kopi ini akan berlangsung selama 3 bulan dan membutuhkan tenaga petik kopi yang sangat besar dengan total mencapai 6000 pemetik kopi. Kami akan daftarkan secara bertahap. Akan sangat beresiko jika para pekerja tidak diberikan perlindungan selama musim panen,” Imbuh Heri Suciyoko, Manager PTPN XII Kebun Blawan.

Foto: Penyerahan secara simbolis kartu BPJS ketenagakerjaan kepada karyawan Pemetik Kopi

Sementara itu Menurut Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Jember Ibu Dwi Endah Aprilistyani, PTPN XII Dataran Ijen selalu bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan saat musim panen berlangsung.

“Diharapkan sinergitas ini akan terus berlangsung agar seluruh pekerja terutama warga Kabupaten Bondowoso senantiasa terlindungi dan merasa aman selama bekerja,” pungkasnya.

Selain itu, juga pada saat acara berlangsung dilakukan penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada petani kopi yang telah terdaftar menjadi peserta BPJSTK. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *