Gelar “Technology Days 2023”, XL Axiata Galang Kolaborasi Ciptakan Solusi Digital

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | XL Axiata terus berupaya menggali peluang serta manfaat atas teknologi dan solusi berbasis digital untuk memaksimalkan layanan bagi kalangan industri. Untuk itu, XL Axiata menggelar acara bertajuk “XL Axiata Technology Days 2023”.

Bertempat di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta, acara ini dibuka Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, bersama Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr. Ismail MT, Rabu (14/6/2023).

Sejumlah perusahaan penyedia teknologi dan solusi digital terkemuka hadir di acara sampai Kamis (15/6/2023) ini. Selain mereka, hadir pula perwakilan dari sejumlah perguruan tinggi yang memiliki visi dan perhatian besar pada pemanfaatan solusi digital.

Acara ini mengangkat tema “Reinvent Humanity” yang memiliki semangat untuk terus memperluas pemanfaatan dan solusi berbasis digital melalui teknologi 5G, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung kehidupan sosial seperti industri, pendidikan, smart city dan lain-lain.

I Gede Darmayusa mengatakan, ke depan layanan telekomunikasi harus bertransformasi menjadi solusi berbasis digital, bukan sekedar konektivitas. Dengan diadakannya event ini diharapkan semakin terbuka value apa saja yang bisa digali oleh para pelaku industri telekomunikasi.

Dalam kegiatan ini XL Axiata menggandeng perusahaan terkemuka seperti Ericsson, Huawei, Nokia, ZTE, Telecom Infra Project (TIP), Microsoft, dan Amazon Web Service (AWS). Universitas Telkom menjadi peserta aktif yang memaparkan presentasi dengan topik 6G: Imagining Metaverse for the Future of Telco.

“Melalui kolaborasi dengan perusahaan teknologi, XL Axiata berharap dapat mendorong percepatan pengembangan infrastruktur dan solusi berbasis digital. Dari kalangan perguruan tinggi kami berharap bisa turut memberikan masukan dari setiap usecase potensial dan menjadikannya riset pengembangannya lebih lanjut,” lanjut Gede.

Dalam acara ini juga digelar exibishi yang menampilkan (showcase) penerapan 5G, IoT, dan AI untuk keperluan humanity (social, education, environment, energy, dan lain-lain). Sejumlah showcase merujuk pada implementasi smart mining, virtual reality, artificial intelligence, dan robotic untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat.

Para peserta acara ini bisa melihat serta mencoba untuk mendapatkan pengalaman secara langsung menggunakan solusi berbasis digital melalui teknologi 5G, IoT, dan AI.

Sebagian besar solusi digital yang telah dikembangkan oleh XL Axiata telah banyak digunakan di dunia industri seperti smart mining, smart building, smart factory, bahkan juga telah diterapkan oleh pihak pemerintah yaitu smart city seperti IoT based smart street light.

Acara Technology Days 2023 ini diharapkan juga dapat menambah wawasan bagi para peserta, dan dapat mendorong industri teknologi dan telekomunikasi untuk terus berinovasi memberikan solusi berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Selain itu, diharapkan ke depan kegiatan seperti ini dapat menjadi lebih besar dan lebih banyak didukung oleh perusahaan, instansi serta akademisi, sehingga dapat lebih menarik dan bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. (Gan)

Teks Foto: I Gede Darmayusa (kanan) dan Chief Enterprise & SME XL Axiata, Feby Sallyanto mencoba smart minning teknologi 5G di “XL Axiata Technology Days 2023”, Rabu (14/6/2023).

beritalima.com

Pos terkait